Pangdam Kasuari: Saya Bangga dengan Kalian

“Kalianlah orang-orang yang terpilih, orang pertama sebagai perintis yang membuat berdirinya satuan baru tersebut”

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, saat memberikan arahan kepada Prajurit Kompi Senapan D Yonif RK 762/Vira Yudha Sakti di Teluk Bintuni, Papua Barat, Rabu (21/10/2020). (Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Bintuni – Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, mengaku bangga dengan para prajurit dari Kompi Senapan D Yonif RK 762/Vira Yudha Sakti.

Hal itu diungkapkan oleh Cantiasa yang didampingi beberapa pejabat utama Kodam XVIII/Kasuari lainnya saat melaksanakan kunjungan kerja ke Markas Kompi Senapan D Yonif RK 762/Vira Yudha Sakti di Teluk Bintuni, Papua Barat, Rabu (21/10/2020).

“Saya bangga dengan kalian, dengan apa yang ditampilkan menunjukkan bahwa kalian prajurit yang terpilih dan profesional. Ke depannya, di tahun 2021, Kompi ini akan dibuat menjadi Batalyon dan kalianlah orang-orang yang terpilih, orang pertama sebagai perintis yang membuat berdirinya satuan baru tersebut,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

“Jadi personelnya nanti tetap dari Kompi ini namun satuannya berubah, jadi kalianlah yang mengawaki Batalyon yang menjadi pionir-pionir untuk satuan ini nantinya sehingga Batalyon ini nantinya akan berkembang,” ujar Cantiasa melanjutkan.

Dalam arahannya, Cantiasa juga mengatakan bahwa saat ini Kodam XVIII/Kasuari sedang terus merekrut personel dan saat ini ada 1.000 Bintara Otonomi Khusus Orang Asli Papua (Otsus OAP) yang sedang melaksanakan seleksi, sehingga nanti pada November 2020 juga ada seleksi Sekolah Calon Tamtama (Secata).

“Jadi kita inginkan segera Batalyon-Batalyon ini penuh, sehingga kita bisa bekerja, tugas kita menjaga stabilitas keamanan di tanah Papua Barat ini, agar masyarakat bisa membangun, bekerja, mencari nafkah dengan tenang karena di sini ada TNI yang bisa menghadapi ancaman dari musuh yang berasal dari luar karena kita berada di daerah paling timur Indonesia dan kiri kanan kita sudah berbatasan dengan negara lain sehingga masyarakat pasti berharap agar TNI mampu menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia ini,” katanya.

“Jadi sekali lagi, sebagai Prajurit TNI yang berada di sini, dituntut untuk bekerja secara profesional dan negara sudah cukup memberikan gaji kepada kalian,” ungkap Cantiasa melanjutkan.

Dalam kesempatan tersebut, Cantiasa juga meminta agar tidak boleh ada yang disersi atau THTI dan harus setia untuk bekerja sesuai dengan sasanti ‘Vira Yudha Sakti’ sama dengan satuannya yang lama ‘Tri Yudha Sakti’ yang memiliki tiga kemampuan perang yakni darat, laut dan udara, sedangkan ‘Vira Yudha Sakti’ adalah kesatria yang memiliki kemampuan tiga matra.

“Jadi saya minta agar tetap semangat berdinas di sini walaupun jauh dari mana-mana, kalian hanya 1 Kompi jauh daripada Batalyon, harus setia sama Pimpinan, kawan dan anak buah karena saya sebagai Panglima juga sama, saya harus setia sama kalian,” ujarnya.

Mengawali rangkaian kunjungan kerjanya, Pangdam XVIII/Kasuari langsung meninjau pembangunan yang akan dibangun Markas Batalyon Infanteri 763 dan Markas Komando Brigade Infanteri di Km 11.

Mengakhiri kunjungan di Kompi Senapan D, Pangdam XVIII/Kasuari berkesempatan menanam pohon satuan di halaman Makoyon yang akan dijadikan sebagai cikal bakal Yonif 763 ini.

Selanjutnya pada malam hari, Pangdam didampingi Danrem 181/PVT dan pejabat Kodam lainnya melaksanakan tatap muka bersama Bupati Kaimana beserta jajaran Forkopimda dan para tokoh dari berbagai elemen di Teluk Bintuni yang bertempat di Rumah Tamu Negara.