Raport Merah Jokowi, Eks Petinggi KPK: Indonesia Dilanda Badai Resesi

Mantan Komisioner KPK Bambang Widjojanto (BW)

MONITOR, Jakarta – Satu tahun kepemimpinan Jokowi-Ma’ruf Amin rupanya mendapat banyak sorotan. Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mencatat Indonesia kini mengalami resesi demokrasi dalam satu tahun kepemimpinan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Dalam setahun ini, pemerintah dinilai gagal dalam memberikan perlindungan hak asasi manusia.

Menanggapi catatan ini, eks Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto, tak menampik negeri ini tengah dilanda badai resesi.

Bukan hanya resesi dalam berekspresi, lanjut Bambang, termasuk resesi cara menghormati hak asasi warga negara yang kini dinilai telah dibatasi oleh negara.

“Badai resesi tengah menerjang negeri. Tak hanya resesi kebebasan berekspresi tapi juga resesi untuk hormati hak asasi, integriti dan nurani,” terang Bambang Widjajanto dalam keterangannya, Rabu (21/10).

Bambang yang merupakan pendiri Kontras ini menambahkan, bangsa Indonesia saat ini juga dijangkiti penyakit mengerikan seperti perilaku koruptif di kalangan pejabat publik.

“Yang mengerikan, kita juga tengah ‘diserang’, musim inflasi atas perilaku koruptif, muslihat dan khianat,” kritik salah satu pendiri Indonesian Corruption Watch (ICW) ini.