Optimalisasi Layanan, IndiHome Targetkan 8,5 Juta Pelanggan di Akhir Tahun 2020

Acara webinar Program IndiHome ‘Semua Bisa Berubah Maju’, Rabu (21/10/2020).

MONITOR, Jakarta – Masa pandemi Covid-19 seperti saat ini membuat hampir semua kegiatan atau aktivitas dilakukan secara daring atau online. Baik itu aktivitas kerja, meeting bahkan sekolah atau perkuliahan harus dilakukan secara online.

Aktivitas yang serba online itu tentunya perlu didukung layanan internet dengan jaringan yang stabil. Untuk itu, pastinya hal tersebut menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi setiap penyedia layanan internet untuk mengoptimalkan pelayanan terhadap pelanggannya.

Ya, menjawab semua tantang tersebut, IndiHome, sebagai salah satu penyedia layanan internet terbesar di Indonesia yang merupakan bisnis fixed broadband PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) semakin gencar meningkatkan ketersediaan layanan jaringan.

Dengan demikian, secara aktif Telkom memiliki banyak layanan dan produk yang memiliki value untuk masyarakat ditengah pandemi dengan layanan internet dan harga yang kompetitif, agar masyarakat tetap bisa bergerak aktif hingga berkreasi meskipun di rumah aja. 

Di akhir tahun 2020 ini, IndiHome semakin optimis menguatkan posisinya sebagai market leader fixed broadband dengan target 8,5 juta pelanggan serta pertumbuhan revenue hingga 26 persen.

Hal ini dilakukan IndiHome melalui peningkatan pelayanan pelanggan, inovasi produk dan serba-serbi program menarik yang meningkatkan kualitas pengalaman digital untuk pelanggan.

Edie Kurniawan atau akrab disapa Iwan selaku VP Marketing Management Telkom menejelaskan bahwa sejak pandemi, Telkom terus meningkatkan pelayanan. Ia menyebut, hingga saat ini IndiHome telah memiliki 7,8 juta pelanggan aktif.

“Jadi yang menarik bukan berapa pelanggannya, melainkan berapa persen pemakaian layanan dari sebelum pandemi ke pandemi. Ini kenaikannya sampai 120 persen,” ujar Iwan di acara webinar Program IndiHome ‘Semua Bisa Berubah Maju’, Rabu (21/10/2020).

VP Marketing Management Telkom, Edie Kurniawan

Penyedia layanan triple play (telepon, internet dan TV Interaktif) ini mencatat, selama masa pandemi trafik pelanggan meningkat dibanding situasi normal.

Iwan menambahkan, jika di masa pandemi ini masyarakat cenderung sering menggunakan internet alias tidak bisa lepas dari gadgetnya. Maka ia merinci, secara permintaan pelanggan tumbuh dikisaran 26 persen dari biasanya.

“Pertambahan internet sangat signifikan, jaringan media sosial bertambah dua kali lipat bahkan transaksi perbankan naik, hampir semua sektor,” ungkapnya.

“IndiHome mencatat, pertumbuhan pemakaian lebih tinggi dibanding pertambahan pelanggan. Kami selalu memberikan layanan yang dibutuhkan pelanggan, teknisi kami juga sudah dibekali Alat Pelindung Diri (APD) bahkan saat awal PSBB mereka sampai masuk ke zona merah demi mendukung akses belajar jarak jauh,” jelas Iwan.

VP Consumer Asurance Telkom, Suparwiyanto

Sementara itu, VP Consumer Asurance Telkom, Suparwiyanto menjelaskan bahwa  IndiHome juga memiliki beberapa peningkatan layanan untuk pelanggan di seluruh Indonesia, di antaranya:

Improvment (Perbaikan) Layanan

Suparwiyanto mengungkapkan bahwa dalam hal ini, Telkom akan langsung meningkatkan kecepatan dan kepastian untuk pelanggan,  khususnya saat membuat janji.

“Misalnya, sudah janjian untuk bertemu, IndiHome akan selalu tepat waktu, dan menyesuaikan waktu yang sudah dijanjikan oleh para pelanggan,” ujar Suparwiyanto.

Terkait progres perbaikan layanan, Indihome menghubungi pelanggan melalui pesan singkat, cukup dari aplikasi WhatsApp (WA).

Tidak hanya itu, pelanggan IndiHome juga bisa mengakses dari web IndiHome di www.IndiHome.co.id Telkom juga memiliki layanan call center, full time 24 jam untuk memanjakan pelanggannya.

“Kami bisa dihubungi dimana saja, mau pakai media apa saja, kami punya multi channel, mulai dari web, aplikasi, sosial media (contoh: Instagram), dan akan selalu kita respon setiap saat,” ujarnya.

Namun, Suparwiyanto juga memberikan informasi apabila pelanggan ingin melakukan secara manual, bisa datang ke kantor plasa Telkom.

“Kami ada sales, ada mitra-mitra yang membantu menjadi resseller, tidak kalah pentingnya kami membangun para teknisi berbaju merah yang sudah tersebar dimana mana,” terangnya.

Aktif Modernisasi Jaringan

Tidak hanya optimal soal pelayanan tetapi Telkom juga aktif melakukan modernisasi jaringan IndiHome. Dengan komitmen IndiHome memodernisasi jaringan, tidak hanya di kota tetapi juga di desa, Indihome telah mengcover 95 persen kabupaten di seluruh Indonesia.

“Hampir seluruh layanan dimaksimalkan oleh pihak IndiHome, karena pelayanan yang maksimal tersebut itulah, IndiHome optimis menargetkan 8,5 juta pelanggan di akhir tahun 2020,” ungkap Suparwiyanto.

Proaktif dalam Pengembangan Jaringan dan Layanan

Telkom berusaha mencoba mengetahui masalah pelanggan sebelum pelanggan komplain atau bisa dibilang (Proaktif) dari BigData dan IoT untuk mengetahui kebutuhan pelanggan.

Teknologi itu juga membuat IndiHome lebih cekatan jika terjadi masalah jaringan pada suatu area tertentu. Jadi, penanganan bisa lebih cepat, dan langsung bisa mengetahui calon pelanggan tersebut jika memiliki masalah.

“Dengan rendah hati Telkom berupaya memberikan layanan kepada pelanggan hingga ke pelosok negeri,” tutur Suparwiyanto.

Selain mengoptimalkan semua layanan, menyambut akhir tahun 2020 ini, IndiHome juga memberikan sebuah promo dengan program ‘Semua Bisa Berubah Maju’

Untuk setiap pelanggan IndiHome bisa meraih saldo LinkAja Rp50.000, undian 30 notebook, bonus 60 channel TV dan kupon Undian IndiHome Miliarder 2020!

Promo tersebut bisa memberikan kecepatan internet up to 300 Mbps, tayangan TV berkualitas dan bonus 60 channel TV pilihan selama satu bulan, berbincang melalui sambungan telepon jernih dengan kerabat selama 300 menit, serta bebas pilih bonus dari IndiHome.

Yuk, pasang IndiHome sekarang, Dapatkan pengalaman penggunaan layanan internet dengan jaringan optimal!