Satu Tahun Jokowi-Maruf, Muhadjir Effendy Klaim Banyak Inovasi Dicapai

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menegaskan pemerintah sejauh ini telah bekerja keras memulihkan kondisi sosial dan ekonomi masyarakat Indonesia selama pandemi.

Hal ini diutarakan Muhadjir, dalam satu tahun kepemimpinan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. Ia mengatakan, dampak pandemi telah membuka berbagai peluang yang mendorong inovasi anak bangsa.

“Sebagai bangsa yang besar kita harus survive dimasa pandemi, baik secara individu masyarakat maupun secara nasional untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Indonesia,” kata Muhadjir, dalam keterangannya, Selasa (20/10).

Eks Menteri Pendidikan ini menambahkan, banyak inovasi juga telah dicapai, salah satunya dalam sektor kesehatan. Ia menjelaskan, sejumlah lembaga penelitian pemerintah maupun nonpemerintah telah berupaya menemukan vaksin Covid-19.

“Meski demikian, Presiden pesan betul untuk hati-hati di dalam pemanfaatan (vaksin Covid-19), termasuk biaya pengadaan. Beliau menyampaikan ingat bahwa ini kita menggunakan APBN dan itu menjadi tanggung jawab terhadap rakyat, karena itu beliau mewanti-wanti agar itu dipertimbangkan betul,” tuturnya.