Prodi Pendidikan Kimia UIN Bandung Raih Akreditasi A

MONITOR, Bandung – Program Studi Pendidikan Kimia Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil meraih akreditasi “A” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dengan Surat Keputusan Nomor : 6212/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2020, tertanggal 6 Oktober 2020.

“Alhamdulilah kami bersyukur atas pencapaian akreditasi unggul dari BANPT. Tentu ini menjadi tantangan bagi Prodi Pendidikan Kimia dan Fakultas Tarbiyah UIN Bandung untuk terus meningkatkan mutu proses dan mutu lulusan. Insya Allah ini menjadi  motivasi untuk  terus berikhtiar mewujudkan Fakultas Tarbiyah yang unggul, kompetitif, berintegritas dan berakhlak karimah,” ungkap Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah, M.Ed di Kampus II Jalan Cimencrang Kota Bandung, Senin (19/10/2020).

Menurutnya, assesmen lapangan  secara daring  yang  pertama dilingkungan UIN Bandung tahun 2020 untuk  program studi Pendidikan Kimia telah dilaksanakan pada hari Senin-Selasa, 21-22 September 2020 lalu dengan tim asesor Dr. Maria Paristiowati, M.Si. (Universitas Negeri Jakarta), Dr. Arief Rachman Ibrahim, M.Ed. (Universitas Sriwijaya)
Sebelumnya Prodi Pendidikan Kimia terakreditasi B dengan nomor SK BAN PT No. 1122/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2015, tertanggal 31 Oktober 2015.

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) merupakan satu-satunya badan akreditasi yang memperoleh wewenang dari Kementrian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam meningkatkan mutu pendidikan tinggi, memperkenalkan serta menyebarluaskan paradigma baru dalam pengelolaan pendidikan tinggi dan meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, pengelolaan institusi, efisiensi dan keberlanjutan pendidikan tinggi.

Menurutnya, raihan akreditasi A merupakan hasil dari kerja tim yang solid dan kolaborasi yang baik dari semua pihak yang terlibat, yakni Jurusan MIPA, tim Prodi Pendidikan Kimia, mahasiswa, alumni dan para pengguna lulusan serta semua stakeholder. “Raihan ini tentu memberi semangat baru untuk  terus berusaha menyiapkan  para calon guru Mapel Kimia yang profesional dan berdedikasi tinggi,” jelasnya.

FTK memiliki sepuluh Prodi, yakni Pendidikan Agama Islam (PAI), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD).

“Dari sepuluh program studi, 5  Prodi sudah terakreditasi A ( Unggul)  yakni  PAI, MPI, PBA, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Kimia. Sisanya terakreditasi B dan sedang proses Reakreditasi. Mudah-mudahan dalam beberapa  waktu kedepan  Semua Jurusan dan Prodi di lingkungan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN SGD Bandung akan meraih Akreditasi unggul,” ungkapnya.
Ketua Jurusan Pendidikan MIPA, Drs. H. Idad Suhada, M.Pd didampingi Ketua Prodi Pendidikan Kimia, Dr. Ida Farida, M.Pd merasa bersyukur atas diraihnya nilai akreditasi A.

“Alhamdulillah, puji syukur tak terhingga atas pencapaian Prodi Pendidikan Kimia yang telah terakreditasi A melalui Asesmen Lapangan secara daring yang dilaksanakan dari tanggal 21-22 September yang lalu. Saya atas nama pribadi mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah memberikan bantuan dan dukungan. Terutama kepada Pa Rektor  dan para Warek, ibu Dekan Fakultas Tarbiyah dan para Wadek FTK, Ketau LPM, Ketua dan Sekretaris Jurusan MIPA, Unit Penjaminan Mutu FTK  dan tim akreditasi Prodi Pendidikan Kimia,” paparnya.

Mudah-mudahan dengan pencapaian peringkat terakreditasi A ini “menjadi berkah bagi seluruh civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung, khususnya bagi mahasiswa dan alumni agar terus meningkat mutu pendidikan Islam,” pungkasnya.