Direktur Diktis Kemenag berharap Perkemahan Wirakarya Nasional diikuti Pramuka Luar Negeri

MONITOR, Jakarta – Forum Pembina Pramuka adalah mitra utama Wakil Rektor/Wakil Ketua Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama PTKIN dalam pembinaan dan pengembangan mahasiswa, karenaya harus sering bersinergi dan berkolaborasi.

Pernyataan itu disampaikan oleh Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Prof. Dr. Suyitno, M.Ag saat membuka Musyawarah Nasional ke I Forum Pembina Pramuka PTKIN se-Indonesia secara virtual pada Sabtu (17/10/2020).

Mantan Pengurus Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumatera Selatan ini menegaskan bahwa Forum Pembina Pramuka PTKI harus mengembangkan berbagai program seperti meningkatkan kapasitas anggotanya melalui Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD), Kursus Mahir Tingkat Lanjutan (KML) atau Kursus Pelatih.

“Jangan sampai ada Gugus Depan (Gudep) Gerakan Pramuka di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) yang hidupnya menjelang pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK)”, tandas Suyitno.

Dihadapan ratusan peserta Munas I Forum Pembina Pramuka PTKIN Suyitno berharap agar para pembina ikut berpartisipasi mensukseskan gelaran PWN PTK ke XV yang akan di gelar di UIN Raden Fatah Palembang tahun depan.

Terkait dengan PWN di Palembang, Suyitno berharap agar dapat diikuti oleh perwakilan scot dari luar negeri, minimal di Asia Tenggara. “Pramuka Luar Negeri biasanya sangat responsif menerima undangan dari Indonesia, karenanya bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka menjadi keharusan”, tutur Suyitno.

Guru Besar UIN Palembang ini berharap agar penyelenggaraan PWN PTK XV menjadi momentum menunjukan kepada dunia bahwa Indonesia secara fisik dapat melalui pandemi covid dengan baik tentu juga secara ekonomi. “PWN menjadi ajang menunjukan kepada dunia dalam perspektif kesehatan dan pemulihan ekonomi Indonesia”, tegas Suyitno.

Nanang Saikhu Ketua Forum Pembina Pramuka PTKIN se-Indonesia mengatakan sedianya Munas Pembina Pramuka akan di gelar di Palembang bersamaan dengan pelaksanaan PWN XV, tetapi karena covid perkemahan ditunda maka dilakanakan sekarang ini.

Nanang mengatakan tujuan dibentuknya wadah Forum Pembina adalah untuk memperkuat silaturrahmi dan wahana memecahkan masalah-masalah dalam pengembangan gerakan pramuka di PTKI.

Mendandampingi Direktur Diktis, Kasubdit Sarana Prasarana dan kemahasiswaan Ruchman Basori, Sekretaris Forum Pembina  Lift Anis Ma’shumah dan sejumlah pembina pramuka senior seperti Kak Afif Anshori UIN Raden Intan Lampung, Kak Muflihin IAIN Purwokerto dan Kak Kamsinah UIN Alauddin Makasar.(RB)