Bakamla RI Tangkap Dua Kapal Pencuri Ikan Asal Vietnam

“Melalui pemeriksaan awal, kapal tersebut memuat ikan campur yang total muatannya belum diketahui“

KRI Bung Tomo-357 saat menangkap KIA KG 90186 TS berbendera Vietnam yang melakukan aktivitas illegal fishing atau pencurian ikan di wilayah Perairan ZEE Indonesia di Laut Natuna Utara, Minggu (23/8/2020). (Istimewa)

MONITOR, Natuna – KN Pulau Nipah 321 Bakamla RI yang sedang melakukan patroli rutin di sekitaran perairan Natuna, Kepulauan Riau, mendapati sebuah kapal  yang berperilaku janggal. Setelah didekati, kapal itu adalah Kapal Ikan Asing (KIA) berbendera Vietnam.

Menanggapi hal tersebut, Kabag Humas dan Protokol Bakamla RI Kolonel Bakamla Wisnu Pramandita, mengungkapkan bahwa sekira pukul 17.08 WIB, Komandan KN Pulau Nipah 321 Letkol Bakamla Anto Hartanto memerintahkan untuk melakukan pemeriksaan dan mengamankan kapal beserta Anak Buah Kapal (ABK) dan muatannya pada Sabtu (17/10/2020) kemarin.

“Melalui pemeriksaan awal, kapal tersebut memuat ikan campur yang total muatannya belum diketahui. Kapal dengan nama lambung MV O 704 saat diamankan mengangkut 22 orang ABK yang seluruhnya berasal dari Vietnam,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (18/10/2020).

Berselang empat jam kemudian, Wisnu mengatakan, KN Pulau Nipah 321 kembali mengamankan KIA yang juga asal Vietnam dengan nama lambung MV O 097.

“Sama halnya seperti KIA yang diamankan sebelumnya, kapal ini juga memuat sejumlah ikan campur dan memiliki tiga orang ABK. Sekitar pukul 20.51 WIB, Komandan KN Pulau Nipah 321 memerintahkan untuk mengamankan kapal tersebut,” katanya.

“Hingga saat ini, kedua kapal berada di Selat Lampa, guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Wisnu menambahkan.