Danrem HO Bangun Sinergitas di Buton

Danrem 143/HO memastikan komitmen netralitas TNI di tengah Pilkada Serentak 2020

Danrem 143/HO, Brigjen TNI Jannie A. Siahaan, saat mengunjungi Kodim 1413/Buton, Sultra, Kamis (15/10/2020). (Penrem 143/HO)

MONITOR, Jakarta – Tidak hanya memeriksa kesiapan satuannya, saat meresmikan Masjid Nurul Khurriyah Kodim 1413 Buton, Danrem 143/HO Brigjen TNI Jannie A. Siahaan juga membangun sinergitas dengan para pejabat Forkompimda di wilayah Kepulauan Buton, Wakatobi dan Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (15/10/2020).

Dandim 1413/Buton, Letkol Inf Arif Kurniawan, mengungkapkan bahwa kegiatan kunjungan kerja (kunker) Danrem 143/HO itu merupakan program kerja yang rutin dilaksanakan sebagai Komandan Satuan (Dansat).

“Dalam kegiatan tersebut, juga dihadiri oleh para pejabat Forkompimda Kota Baubau, Kabupaten Buton, Buteng, Busel, Bombana dan Wakatobi,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Menurut Arif, acara ramah tamah bersama Forkompimda berlangsung penuh dengan akrab dan dilaksanakan setelah peresmian Masjid Nurul Khurriyah Kodim 1413/Buton.

“Acaranya sederhana dan tetap mengedepankan protokol kesehatan tentunya,” ujarnya. 

Secara khusus, Arif mengatakan, masjid satuan yang didirikannya itu merupakan swadaya satuan yang dibangun secara gotong royong bersama anggotanya.

“Alhamdulillah hari ini dapat diresmikan oleh Danrem dan Ibu Ketua Persit KCK Korcab Korem 143/Halu Oleo (Vera Jannie A. Siahaan) dan disaksikan para pejabat Forkompimda yang ada di wilayah kami,” katanya.

Selain pengguntingan pita oleh Ketua Persit KCK Korcab Korem 143/HO Vera Jannie A.Siahaan, dalam peresmian masjid yang diberi nama Nurul Khurriyah itu juga dilakukan penandatangan prasasti oleh Brigjen TNI Jannie A. Siahaan.

“Semoga masjid ini layak digunakan¬†oleh anggota Kodim saat menjalankan ibadah maupun kegiatan agama seperti Yasinan yang telah menjadi program dari Pangdam XIV/Hsn (Mayjen TNI Andi Sumangerukka) dan Danrem 143/HO,” ungkapnya.

Untuk dketahui, kegiatan agama, baik Islam, Nasrani maupun Hindu yang dilaksanakan secara rutin itu juga wujud implementasi dari pembinaan mental fungsi Komando yang digariskan dari Komando Atas, yaitu Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Lebih lanjut, Arif pun menambahkan bahwa selain agenda memastikan kesiapan dan soliditas satuan jajarannya, Danrem 143/HO juga memastikan komitmen netralitas TNI di tengah Pilkada Serentak 2020 dan sosialisasi tentang penggunaan media sosial di kalangan prajurit TNI AD.

“Itu juga penting untuk dipahami dan dilaksanakan oleh seluruh anggota termasuk para Ibu Persit. Semoga komitmen dan upaya yang dibangun Danrem 143 ini dapat meningkatkan soliditas dan sinergi internal jajaran dan juga bersama Forkompimda disini,” ujarnya.