Satgas Covid-19 Rekrut Ribuan Mahasiswa Jadi Duta Edukasi Perubahan Perilaku

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo, Webinar Talkshow "Duta Edukasi Perubahan Perilaku"

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka pelaksanaan edukasi perubahan perilaku untuk pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di kabupuaten kota dengan kasus Covid-19 tinggi, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Satgas PC19) bersama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), dan Kementerian Agama (Kemenag) akan menerjunkan duta mahasiswa untuk perubahan perilaku.

Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengatakan ribuan mahasiswa ini akan bekerja menjadi relawan di 18 kabupaten/kota di Indonesia untuk menyebarkan pesan disiplin 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

“Di sini saya mencatat ada 1.108 mahasiswa yang terlibat, suatu angka yang sangat banyak, mudah-mudahan atas upaya dan kerja keras mahasiswa dan dosen pembimbing akan mendapatkan imbalan dari Tuhan yang maha kuasa kelak,” kata Doni dalam Webinar Talkshow “Duta Edukasi Perubahan Perilaku”, Selasa (13/10/2020).

Doni menyebut ribuan mahasiswa ini diterjunkan untuk mengurangi angka masyarakat Indonesia yang masih tidak percaya bahaya Covid-19 yang berjumlah 17 persen atau sekitar 44,9 juta orang menurut survei Badan Pusat Statistik.

“Tugas kitalah memberikan penjelasan bahwa covid ini nyata bukan konspirasi,” tegasnya.

Dia menyayangkan masih ada orang Indonesia yang tidak percaya Covid-19 meski korban telah berjatuhan.

Doni menilai seharusnya protokol kesehatan mudah dilakukan sebab tak jauh dari perilaku hidup bersih dan sehat yang selama ini sudah dilakukan.

“Tolong ini disampaikan ke masyarakat, bahwa kita hanya dituntut untuk memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan, kita tidak diminta menggunakan hazmat pakaian lengkap APD seperti astronot yang panasnya minta ampun, hanya masker biasa atau masker medis saja, masih bisa bernafas,” tegasnya.