Antisipasi Demo di Istana, Transjakarta Modifikasi Rute

“Karena ada penutupan jalur di sekitar lokasi dan lampu merah Harmoni”

Ilustrasi gambar bus Transjakarta (dok: Asep/ Monitor)

MONITOR, Jakarta – Dalam rangka mengantisipasi aksi demo menolak UU Omnibus Law Cipta Kerja di sekitaran kawasan Patung Kuda hingga Istana Negara, Jakarta Pusat, sejumlah rute perjalanan angkutan massal pun mengalami perubahan rute, salah satunya angkutan massal Bus Transjakarta.

“Karena ada penutupan jalur di sekitar lokasi dan lampu merah Harmoni, Jakarta Pusat, beberapa layanan Transjakarta kembali mengalami modifikasi rute,” kata Direktur Operasional PT Transjakarta, Prasetia Budi, dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (13/10/2020).

Adapun modifikasi rute Transjakarta terkini yaitu sebagai berikut:

Koridor 3 (Kalideres-Pasar Baru)

Mengalami perpendekan rute menjadi Kalideres-Harmoni mengingat adanya penutupan jalan di kawasan Juanda. Sebelumnya rute ini sempat dialihkan melalui Jalur Tomang.

Rute 8A (Grogol 2-Juanda)

Mengalami perpendekan rute menjadi Grogol 2-Harmoni, mengingat adanya penutupan jalan di Kawasan Juanda.

 “Selain rute-rute di atas, semua layanan kami masih berjalan normal. Layanan akan kembali beroperasi normal, saat kondisi telah memungkinkan untuk dilalui armada bus,” ujar Budi.

Selain Transjakarta yang melakukan modifikasi rute akibat adanya aksi demo tersebut, beberapa ruas jalan di Jakarta juga direkayasa.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, mengatakan bahwa sehubungan dengan aksi demo pada 13 Oktober 2020 di kawasan Istana Negara, maka pihaknya melakukan berbagai rekayasa lalu lintas.

Syafrin menuturkan, sejak Senin (12/10/2020) pukul 22.00 malam, pihaknya telah menutup sejumlah ruas jalan di sekitaran Monas.

“Agar menjadi perhatian bagi masyarakat yang akan beraktivitas, sejak semalam kami telah menutup sejumlah ruas jalan yaitu Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Museum, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Majapahit, Jalan Veteran, serta akan dilakukan penutupan secara situasional pada Jalan Medan Merdeka Selatan dan Jalan Budi Kemuliaan. Untuk itu, kami juga telah siapkan pengalihan arus lalu lintas,” katanya.

Adapun pengalihan arus lalu lintas secara lebih rinci sebagai berikut:

– Lalu lintas dari arah Utara/Kota dialihkan di Simpang Harmoni-Jalan Juanda-Jalan Pos

– Jalan Gunung Sahari dan seterusnya.

– Lalu lintas dari arah Selatan/Blok M dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih-Jalan Fakhrudin-Jalan Cideng Barat-Jalan Suryopranoto/Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

– Lalu lintas dari arah Barat/Slipi dialihkan melalui Jalan Kebon Sirih-Tugu Tani-Kwitang/ Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur dan seterusnya.

– Lalu lintas dari arah Timur/Pulogadung dialihkan melalui Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis dan seterusnya.

Selain itu, Parkir IRTI Monas juga telah ditutup untuk umum sejak 12 Oktober 2020 pukul 22.00 sampai dengan 14 Oktober 2020 pukul 01.00 pagi.

“Bagi pengguna fasilitas parkir IRTI Monas agar menggunakan fasilitas parkir lainnya,” ungkap Syafrin.