Rabu, 24 April, 2024

Telkom Dorong Adopsi Smart City Melalui Inovasi Daerah Berkelanjutan

MONITOR, Jakarta – Telkom melalui program Smart City Nusantara turut berpartrisipasi dalam mendukung penyelengaraan The 4th Indonesia Smart Nation Award & Indonesia Smart City Investment Forum 2020 yang digagas dan diselenggarakan oleh Citiasia Inc melalui lini strategis Citiasia Center for Smart Nation (CCSN) sebagai bentuk dukungan  dalam pengembangan Smart City di Indonesia.

Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk mengkampanyekan semangat mewujudkan Indonesia Smart Nation baik dalam tingkat Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah melalui Gerakan Indonesia Smart Nation.

Indonesia Smart Nation Award (ISNA) merupakan kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Citiasia Inc. sejak tahun 2015. Sebagai sebuah ajang pemberian penghargaan yang diberikan kepada daerah-daerah dengan pencapaian terbaik dalam pelaksanaan smart city / smart region sesuai framework yang dikembangkan oleh Citiasia Inc., ISNA dilaksanakan dengan melalui beberapa tahapan, yaitu proses penilaian indeks dan penjurian oleh para pakar di bidang smart city di Indonesia.

Di tahun 2020 ini, berkaitan dengan pandemic Covid-19, penghargaan diberikan pada daerah-daerah berdasar inovasi-inovasi layanan daerah di masa pandemi yang diseleksi melalui kombinasi metode analisis big data dan expert judgment, dengan kerangka smart city dan parameter mencakup ekonomi, kesehatan, kualitas hidup, pelayanan, edukasi, dan keberlanjutan.

- Advertisement -

Sebagai hasilnya, ajang ini memberikan penghargaan pada 37 daerah penerima anugerah ISNA 2020 yang terbagi dalam tujuh kategori yaitu Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Environment serta Special Mention.

Dalam rangkaian kegiatan yang sama, dilakukan juga Indonesia Smart City Investment Forum 2020 dengan mengusung tema “Smart City 2020: Driving Innovation and Productivity during the Global Pandemic”.

ISCIF Talkshow dan Penganugerahan ISNA 2020 diselenggarakan pada pada 5 Oktober 2020 secara daring dan dihadiri oleh lebih dari 600 peserta dari berbagai kalangan terkait.

Talkshow dibuka oleh welcome speech yang disampaikan oleh Co-Founder Citiasia Inc, Cahyana Ahmadjayadi yang menyampaikan bahwa masa Pandemi ini telah memaksa jutaan orang untuk melakukan semuanya dari rumah demi meminimalisir penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut, disampaikan oleh Cahyana bahwa mereka yang mampu beradaptasi dan mencurahkan sumber daya untuk terus berinovasi di masa pandemi ini adalah mereka yang akan memetik keuntungan di masa pemulihan paska pandemi.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER