Tebing 10 Meter Longsor, Dua Pekerja Bangunan di Kudus Tewas Tertimbun

Saat kejadian, ada empat pekerja yang tengah mengerjakan rumah seorang warga setempat.

Longsor akibat Gempa Bumi di Lombok, Minggu (29/7/2018)

MONITOR, Kudus – Dua pekerja bangunan yang tengah membangun rumah warga di Desa Soco, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, tewas tertimbun longsor.

Kepala Desa Soco, Lilik Ekowati, membenarkan peristiwa tanah longsor yang terjadi di RT 003/01 Desa Soco dan adanya dua orang pekerja yang tertimbun longsor tersebut.

Saat kejadian, Lilik mengungkapkan, memang ada empat pekerja yang tengah mengerjakan pembangunan pondasi rumah salah seorang warga di desa setempat.

“Atas kejadian tersebut, pemilik tanah yang hendak membangun rumah diminta untuk mencari lokasi lain yang lebih aman karena saat ini sudah memasuki musim hujan sehingga rawan terjadi longsor,” ungkapnya di Kudus, Senin (12/10/2020).

Salah seorang warga Desa Soco, Ainun Naim, menjelaskan bahwa peristiwa tebing longsor yang menimpa dua pekerja bangunan tersebut diperkirakan terjadi pada pukul 10.30 WIB.

Peristiwa itu, menurut Naim, berawal ketika dua korban bersama dua rekannya bekerja membangun pondasi rumah warga desa setempat.

“Tiba-tiba, tebing setinggi 10 meteran yang lokasinya berdekatan dengan rumah yang hendak dibangun mengalami longsor dan menimpa dua pekerja bangunan yang tidak sempat menyelamatkan diri,” ujarnya.

Kedua pekerja bangunan tersebut, yakni bernama Riyan (19) dan M. Najib (20), yang merupakan sama-sama warga Desa Soco.

Sebelum terjadi longsor, pekerja bangunan ada yang merasakan getaran dari tebing setinggi 10 meter yang di atasnya juga terdapat bangunan rumah.

Atas peristiwa itu, kemudian tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), polisi dan TNI bersama warga setempat melakukan evaluasi serta mendatangkan alat berat berupa loader.

Sekitar pukul 11.30 WIB, kedua korban akhirnya berhasil dievakuasi dan ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Jasad kedua korban kemudian diserahkan kepada keluarganya masing-masing.