Cuaca Hari Ini: BMKG Prediksi 22 Provinsi Indonesia di Guyur Hujan

Ilustrasi hujan ditandai petir dan angin kencang (Foto: Dok Bisnis.com)

MONITOR, Jakarta – Berdasarkan prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebanyak 22 provinsi akan diguyur hujan hari ini, Senin (12/10).

Prakiraan itu berdasarkan laporan yang dimuat di situs resmi BMKG pada Minggu (11/10) pukul 22.37 WIB.

“Siklon tropis Linfa terpantau di Laut China Selatan sebelah timur Vietnam yang bergerak ke Barat dengan tekanan 996 hPa dan kekuatan 40 knots (75 km/jam). Pusat tekanan rendah terpantau di Teluk Thailand (1005 hPa) dan di Samudera Pasifik timur Filipina (1007 hPa),” tulis BMKG di situsnya terkait penyebab hujan akan turun.

Selain itu BMKG juga menyebut terdapat sirkulasi siklonik pada lapisan 925/700 hPa terpantau di Samudra Hindia Barat Sumatera Barat.

“Kondisi ini dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan di sekitar siklon tropis, pusat tekanan rendah, dan sirkulasi siklonik tersebut,” tulis laporan BMKG tersebut.

Adapun provinsi yang akan diguyur hujan sebagai berikut:

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah: Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Jambi, Kep. Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Wilayah yang berpotensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah: Sumatera Barat, Riau, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Barat.