Kodim Depok Siagakan 400 Personel Antisipasi Bencana

Ilustrasi: Personel TNI dari jajaran Kodam Jaya mengikuti upacara penutupan TMMD ke-103 Kodim Depok. (Foto: Boy Rivalino)

MONITOR, Depok – Komando Distrik Militer (Kodim) 0508/Depok sudah menyiagakan 400 personelnya untuk siaga bencana sepanjang musim penghujan. Ratusan personel tersebut berada di Komando Rayon Militer (Koramil) tingkat kecamatan maupun tiga satuan kompi di Makodim Depok.

Komandan Distrik Militer (Dandim) 0508/Depok Kolonel Inf Agus Isrok Mikroj mengatakan, pihaknya telah memiliki prosedur tetap (protap) sebagai langkah antisipatif tanggap bencana.

Untuk itu, sebanyak 400 personel Kodim Depok dikerahkan sepanjang musim penghujan untuk mengantisipasi bencana di Kota Depok.

“Siaga petugas ini dalam arti sebelum dan setelah terjadi kebencanaan. Pencegahan terus dimasifkan, tapi jika ada kejadian kami siap melakukan penyelamatan maupun evakuasi,” kata Kolonel Agus, Minggu (11/10).

Agus menjelaskan, tidak hanya menyiagakan ratusan personel, pihak Kodim Depok juga sudah memiliki persiapan material seperti posko bencana yang sudah dibangun sejak Februari 2020.

Menurutnya, posko bencana itu dilengkapi dengan tempat tidur lipat dan peralatan dapur umum lengkap. Hal tersebut untuk mengantisipasi jika ada warga yang harus mengungsi karena tertimpa bencana.

”Selain posko bencana, kami juga memiliki dua perahu karet dan dua perahu besi, beberapa pelampung untuk upaya penyelamatan dilokasi bencana,” pungkasnya.