F-Demokrat Tolak Omnibus Law, AHY: RUU Ini Cacat Substansi

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

MONITOR, Jakarta – Fraksi Demokrat menyatakan menolak RUU Cipta Lapangan Kerja. Mereka pun menyarankan dilakukan pembahasan yang utuh dan melibatkan berbagai stakeholders terkait.

“Setelah mendengar aspirasi masyarakat dari berbagai daerah lewat DPD/DPC seluruh Indonesia & mengkaji isi RUU Ciptaker, kami Partai Demokrat melalui Fraksi demokrat DPR mengambil keputusan tegas menolak RUU Ciptaker dalam rapat pembahasan tingkat I di Badan Legislatif DPR RI,” ujar AHY dalam keterangan tertulisnya, Minggu (4/10).

Putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini menilai RUU Ciptaker ini cacat substansi dan prosedural. Menurutnya, proses pembahasan hal-hal yang krusial justru kurang transparan dan kurang akuntabel.

“Tidak banyak elemen masyarakat, pekerja dan civil society yang dilibatkan untuk menjaga ekosistem ekonomi serta keseimbangan antara pengusaha-pemerintah-pekerja,” terang AHY.

AHY pun meminta agar pimpinan DPR tidak perlu terburu-buru dan mengesahkan RUU tersebut. Ia menekankan sebaiknya melibatkan berbagai stakeholders yang berkepentingan.