Selasa, 21 September, 2021

Digelar Virtual, Istana Jadi Pusat Komando HUT ke-75 TNI

“Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi Covid-19”

MONITOR, Jakarta – Istana Negara jadi pusat komando pelaksanaan Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Senin (5/10/2020).

Karena adanya pandemi Covid-19, maka pelaksanaan Peringatan HUT TNI kali ini digelar secara virtual. Istana Negara Jakarta pun dipilih menjadi pusat komando pelaksanaan Peringatan HUT ke-75 TNI yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, pun telah meninjau pelaksanaan Gladi Bersih pelaksanaan Peringatan HUT ke-75 di Istana Negara itu pada Sabtu (3/10/2020) kemarin guna memastikan acara pada Senin (5/10/2020) berjalan lancar.

“Dalam kegiatan tersebut, Panglima TNI mengecek langsung kesiapan pelaksanaan Upacara HUT ke-75 TNI yang dilakukan secara virtual, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, karena masih dalam masa pandemi Covid-19,” ungkap Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil, dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Minggu (4/10/2020).

- Advertisement -

Dalam kegiatan tersebut, menurut Aidil, Panglima TNI didampingi oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Laksamana TNI Yudo Margono, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Wakasad Letjen TNI Moch. Fachruddin, Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto, Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra dan Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi.

“Usai pelaksanaan gladi bersih tersebut, Panglima TNI memimpin doa bersama untuk memohon kelancaran pelaksanaan HUT TNI ke-75 yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 5 Oktober 2020,” ujarnya.

Sebelum acara puncak Peringatan HUT ke-75 TNI di Istana Negara, TNI telah menggelar sejumlah kegiatan. Mulai dari donor darah, pembagian sembako, lomba bersepeda dan ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

Panglima TNI membuka langsung acara donor darah dan pemberian sembako yang digelar di GOR Ahmad Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa (22/9/2020).

Donor darah itu dilakukan serentak di 86 instansi TNI seluruh Indonesia dengan jumlah peserta sebanyak 1.000 orang. Sementara untuk kegiatan pembagian sembako, TNI mengerahkan sebanyak 20 Babinsa, 20 Babinpotmar dan serta 20 Babinpotdirga. Bantuan sembako diberikan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Satu minggu berselang, Selasa (29/9/2020) giliran acara lomba bersepeda digelar. Lomba ini terbagi ke dalam dua kategori, yakni virtual fun bike dan statis.

Kategori pertama virtual fun bike dilaksanakan sejak 24 September sampai 4 Oktober 2020 dengan jarak tempuh 75 kilometer. Untuk kategori kedua, yaitu bersepeda statis digelar Selasa (29/9/2020) bertempat di Plaza Mabes TNI dan ditujukan untuk internal TNI dan Polri.

Mereka terbagi ke dalam satu regu berisi empat orang yang terdiri dari TNI AD, AU, AL dan Polri. Mereka pun bersepeda statis selama lima menit dengan penilaian jarak terjauh secara akumulatif.

Kemudian pada Jumat (3/10/2020), Panglima TNI bersama jajaran melakukan ziarah kubur ke TMP Kalibata. Dalam ziarah tersebut, Panglima TNI didampingi oleh KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono dan KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER