Rabu, 24 April, 2024

Ridwan Kamil Ajak Warga Depok Sinergi Tekan Penyebaran Covid-19

MONITOR, Depok – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengajak masyarakat untuk menjadikan wabah virus Corona atau Covid-19 sebagai musuh bersama. Sebab, penanganan virus tersebut tidak bisa dilakukan hanya oleh pemerintah saja, melainkan juga dibutuhkan partisipasi masyarakat.

“Kalau perang kemerdekaan semua harus bela negara. Kalau dulu kita perang melawan penjajah yang berdiri paling depan itu tentara, tapi sekarang yang berada di barisan paling depan itu dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya,” katanya saat memberikan sambutan di Masjid Al Barkah Komplek BDN, Pancoran Mas, Jumat (02/10).

Karena itu, kata Kang Emil sapaannya akrabnya, sebagai warga negara masyarakat harus ikut membantu tenaga medis dalam menekan penyebaran virus tersebut. Bantuan yang diberikan bisa dilakukan dengan banyak cara.

“Kalau kita punya harta, kita bantu dengan harta yang ada, seperti menyumbang masker, memberikan Alat Pelindung Diri (APD) dan juga konsumsi untuk relawan. Termasuk juga menaati dan menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

- Advertisement -

Lebih lanjut Emil mengatakan, bagi warga yang terkonfirmasi positif untuk segera melapor ke petugas agar bisa dibawa ke tempat yang sudah ditetapkan sebagai tempat isolasi.

Sebab, lanjut Emik, saat ini pihaknya telah menyiapkan hotel dan gedung milik pemerintah sebagai tempat isolasi jika kondisi rumah sakit di Kota Depok tidak memadai.

“Penyebaran virus di rumah bisa lima kali lipat lebih cepat, maka akan lebih baik jika terdapat warga yang positif langsung dilaporkan agar mendapatkan penanganan yang tepat,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER