Pangdam Kasuari Pimpin Ziarah Nasional di TMP Trikora

Ziarah itu dalam rangka menyambut peringatan HUT ke-75 TNI pada 5 Oktober 2020 mendatang

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, memimpin ziarah ke TMP Trikora di Sanggeng, Manokwari, Papua Barat, Jumat (2/10/2020). (Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Manokwari – Menyambut peringatan HUT ke-75 TNI yang jatuh pada 5 Oktober 2020 mendatang, Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa memimpin Ziarah Nasional ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Trikora di Sanggeng, Manokwari, Papua Barat, Jumat (2/10/2020).

Kapendam XVIII/Kasuari, Kolonel Kav Zubaedi, mengungkapkan bahwa selain bertujuan untuk memperingati hari jadi ke-75 TNI, ziarah nasional ke TMP Trikora juga sekaligus sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan kusuma bangsa dan pejuang bangsa di Papua Barat, baik dari tentara maupun pejuang dari tokoh adat dan masyarakat yang telah mengorbankan jiwanya demi merebut dan mempertahankan Kemerdekaan RI dalam rangka menjaga Kedaulatan NKRI.

“Melalui momentum ini, sudah menjadi kewajiban bagi kita semua untuk melanjutkan perjuangan dari para pendahulu kita khususnya para pahlawan dan pejuang bangsa,” ungkapnya dalam keterangan tertulis yang diterima MONITOR, Jakarta, Jumat (2/10/2020).

Karena, lanjut Zubaedi, tanpa jasa dan pengorbanan mereka, kita akan tidak bisa mengisi pembangunan di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai bersama ini.

“Apa yang kita lakukan ini juga sebagai bentuk penanaman nilai-nilai kejuangan dan patriotisme kepada para generasi muda penerus bangsa,” ujarnya.

Lebih lanjut, Zubaedi mengatakan, Ziarah Nasional di Papua Barat yang dilaksanakan dengan penuh kesederhanaan dihadapkan merebaknya penyebaran Covid-19 di berbagai daerah, sehingga penerapan protokol kesehatan senantiasa wajib diterapkan.

Menurut Zubaedi, Kegiatan Ziarah Nasional itu diikuti juga oleh Kasdam XVIII/Kasuari, para Pejabat Kodam XVIII/Kasuari, Pa Liasion AL dan AU, Kafasharkan TNI AL Manokwari dan perwakilan Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS Kodam XVIII/Kasuari.

“Selain untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur, kegiatan ini juga mengandung makna yang sangat dalam yakni sebagai sarana untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta kepada tanah air, sekaligus bertujuan untuk mengajak seluruh Prajurit TNI dan PNS agar bisa menghayati dan meneladani para pejuang bangsa dimanapun kita berada dan bertugas,” katanya.