Hari Putra Raih Juara LIDA, UIN STS Jambi Bangga

Hari Putra

MONITOR, Jambi – Civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin Jambi (Sutha Jambi) turut berbangga. Pasalnya salah satu mahasiswanya Hari Putra meraih juara III dalam ajang Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2020 pada Senin Malam (28/09).

Dalam ajang yang berlangsung meriah dan spektakuler ini, Hari Putra tampil di grand finalis bersama Meli (Jawa Barat) dan Gunawan (Maluku Utara). Kejuaraan ditentukan dari hasil poling yang menempatkan Meli sebagai peringkat pertama dengan jumlah vote 35,91 persen, Gunawan peringkat kedua dengan jumlah 32,84 persen, dan Hari peringkat ketiga dengan jumlah vote 31,25 persen.

Pria yang lahir di Tanjung Raden, 18 Juli 1997 ini, tercatat sebagai mahasiswa Ekonomi Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Sutha Jambi. Berkat perjuangan panjangnya membuahkan hasil masuk babak Grand Final LIDA 2020, setelah menyisihkan ratusan peserta.

Menurut penuturannya, Hari menekuni dunia tarik suara sejak duduk di bangku SMP. Aktif mengikuti lomba-lomba menyanyi dari tingkat daerah seperti di Taman Budaya Jambi. Lalu berlatih vokal dengan Mbah Wiro, seorang guru musik di Jambi. Ia juga tergabung dalam grup musik El-Saka Gambus Jambi dan kerap tampil di undang oleh masyrakat dan pemerintahan.

Hari Putra mengikuti audisi Liga Dangdut Indosiar mewakili Provinsi Jambi pada 25 Desember 2019 lalu, kemudian masuk 70 besar peserta se-Indonesia. Tanggal 15 Januari 2020, Hari Putra berpamitan dengan Rektor dan jajaran Pimpinan UIN Jambi menuju Indosiar dan mengikut dan mengikuti masa karantina.

Tampil pertama kali pada 25 Janauari 2020 dan mudian terus melaju ke peringkat 10 besar. Namun karena masa covid 19, Indosiar menghentikan beberapa bulan, hingga bulan lalu dilanjutkan kembali, dan Hari terus melaju hingga mencapai 3 besar bersama perwakilan Jawa Barat dan Maluku Utara.

Pada acara puncak grand final, para finalis pada penampilan pertama bernyanyi dengan senior LIDA atau Dangdut Akademi. Sementara pada penampilan kedua membawakan lagu solo dalam bentuk konser mini.

Suaidi Asy’ari Rektor UIN Jambi tidak henti-hentinya memberikan dukungan dan meminta civitas akamika dan masyarakat Jambi untuk mensupport penuh kepada Hari menjadi juara LIDA 2020. Salah satunya mengirim vote secara massif.

“Kita patut berbangga kepada Hari Putra mahasiswa UIN Jambi yang telah menorehkan prestasinya di ajang nasional dengan persaingan yang ketat,” turur Asy’ari.

Di tengah pandemi covid-19 para mahasiswa harus tetap semangat dan berprestasi.

“Semoga apa yang diraih Hari Putra dapat memotivasi mahasiswa lainnya dalam mengasah bakat, minat dan kegemarannya”, pungkas Rektor UIN Sutha Jambi.(RB)