Jumat, 19 April, 2024

Keren, Mahasiswa UIN Yogyakarta Ini Jadi Delegasi Termuda 12th Nordic Nutrition Conference 2020

MONITOR, Jakarta – Fahrul Nurkolis Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta terpilih sebagai delegasi termuda mewakili Indonesia dalam ajang 12th Nordic Nutrition Conference (NNC) 2020 di Helsinki, Finlandia.

Melalui penelitiannya yang berjudul: “Mango Sugar Rich in Antioxidants and Polyphenols: A Potency for Developing Functional Sugar Prospective for Antidiabetic” mengantarkan Fahrul di ajang bergengsi 12th Nordic Nutrition Conference pada 14-16 December mendatang.

Melalui penelitian ini Fahrul mengungkap adanya manga yang mengandung senyawa yang berfungsi sebagai Antioksidan. “Buah mangga yang banyak di kampungnya Wonorejo, Majayan, Madiun mempunyai senyawa antioksidan bagi penyembuhan penyakit diabet miletus”, kata Fahrul.(29/10)

Penelitian oleh pria berusia 20 tahun ini, sebelumnya merupakan esaay yang dilombakan secara nasional di UGM Jogjakarta masuk 10 besar dan di Fakultas Kedokteran Universitas Jember sebagai Juara Harapan 2 nasionaal.
Nurkholis tercatat sebagai mahasiswa Baru Tahun Akademik 2020/2021 Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Angkatan 2020. Relatif muda tetapi mempunyai prestasi membanggakan tingkat internasional.

- Advertisement -

NNC merupakan acara yang bergengsi yang diadakan setiap 5 Tahun sekali, NNC ke 11 diadakan di Sweden pada Tahun 2016 dan ke 12 pada tahun ini di selenggarakan di Helsinki, Finlandia.

Penelitian di bimbing oleh Isma Kurniatanty Dosen UIN Sunan Kalijaga. Selain tampil dalam conferensi tersebut, hasil penelitiannya juga akan di publikasikan di Jurnal Index Scopus Q1 di Current Developments in Nutrition by Oxford University Press, kata Fahrul sebagaimana dikutip Humas UIN Jogjakarta.

Bakat menulis dan meneliti sudah mulai di SMAN 2 Majayan Madiun. Dari sekitar 3000-an peserta yang berasal dari S1, S2 dan S3 Fahrul berhasil lolos masuk 300 orang yang akan diundang di Helsinki.

Segenap Civitas Akademika UIN Sunan Kalijaga mengucapkan selamat dan sukses atas prestasi yang di raihnya. “saya bangga kepada Fahrul yang telah membawa nama baik UIN Sunankalijaga bahkan Indonesia di kancah internasional”, kata Abdul Rozaki Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UIN Jogjakarta.

“Mahasiswa PTKI tidak kalah dengan mahasiswa PT lainnya di Indonesia dan ini membuktikan bahwa UIN Sunan Kalijaga mendunia”, tutur Rozaki dengan bangga.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER