Jumat, 26 April, 2024

Keren! Warga Depok Sukses Ciptakan Disinfektan Berbahan Herbal

MONITOR, Depok – Warga Kota Depok Jawa Barat yang tergabung dalam Yayasan Sahabat Ciliwung berhasil menciptakan disinfektan organik ramah lingkungan. Bermodal tumbuh-tumbuhan yang mudah didapat di alam, kini yayasan tersebut telah menciptakan ribuan liter disinfektan organik.

“Kami produksi disinfektan organik sejak awal Covid-19. Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan berkat kerjasama dengan kawan dari lulusan fakultas kimia,” kata Ketua Yayasan Sahabat Ciliwung, Hidayat Al Ramdani, Senin (28/9).

Adapun beberapa tumbuhan alam yang digunakan, kata dia, antara lain daun sirih merah atau hijau, daun dan buah jeruk purut atau limo. Semua bahan tersebut direbus dan dicampur senyawa organik hasil dari penyulingan.

“Cairan disinfektan ini tidak menimbukan rasa perih, gatal, maupun sensasi terbakar seperti yang dikeluhkan petugas penyemprotan disinfektan jika menggunakan bahan kimia,” ujarnya.

- Advertisement -

Lebih lanjut Hidayat mengatakan, keunggulan disinfektan organik, selain ramah lingkungan juga ramah di kantong atau bisa diproduksi dengan biaya yang terjangkau.

Bagi masyarakat yang membutuhkan, kata dia, bisa langsung ke Yayasan Sahabat Ciliwung di Jalan Dipo Baru RT 04 RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung atau ke nomor 08158036252.

“Produksi kami ini juga digunakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia (RI),” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER