Menteri Bintang: Waspadai Penularan Covid-19 Lewat Klaster Keluarga

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga

MONITOR, Jakarta – Tren penularan virus Covid-19 pada klaster keluarga harus menjadi menjadi perhatian semua kalangan. Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga, mengatakan kampanye dan sosialisasi secara masif harus dilakukan hingga ke tingkat terkecil masyarakat.

Menurut Bintang, ini harus dilakukan sehingga masing-masing anggota dalam keluarga dapat terus menjalankan protokol kesehatan baik memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak dimana pun berada.⁣

“Munculnya klaster keluarga bisa terjadi saat salah satu anggota keluarga melakukan aktivitas di luar rumah, dan terpapar virus, lalu tanpa diketahui membawanya pulang,” kata Bintang saat konferensi pers, Jumat (25/9).

Ia pun meminta segenap elemen turut waspada dan disiplin, serta bersihkan diri saat tiba di rumah sebelum berinteraksi dengan anggota keluarga lainnya.

Pesan ini dia sampaikan, terutama apabila keluarga tersebut memiliki anggota keluarga yang termasuk kelompok rentan seperti balita, penyandang disabilitas, ibu hamil dan menyusui juga lansia.⁣