KKSB Berulah Lagi, Dua Prajurit TNI Gugur di Papua

Dua prajurit TNI itu sedang melaksanakan tugas BKO Koramil Persiapan

Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Arm Reza Nur Patria. (Istimewa)

MONITOR, Jayapura – Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) kembali berulah di Kabupaten Intan Jaya, Papua, yang menyebabkan dua Prajurit Bantuan Kendali Operasi (BKO) Koramil Persiapan di Distrik Hitadipa gugur.

“Telah terjadi penyerangan Pos Koramil Persiapan Distrik Hitadipa Kabupaten Intan Jaya, Sabtu (19/9/2020). Dalam peristiwa tersebut mengakibatkan gugurnya salah satu anggota BKO Koramil Persiapan, Pratu Dwi Akbar Utomo karena luka tembak,” ungkap Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Arm Reza Nur Patria, dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR, Jakarta, Minggu (20/9/2020) malam.

Reza menjelaskan bahwa keberadaan satuan BKO Koramil dan Kodim Persiapan merupakan suatu upaya dari Pimpinan TNI AD untuk mempersiapkan berdirinya Koramil dan Kodim di tengah keterbatasan jumlah personel di Papua.

“Tugas pokok dari Koramil dan Kodim tersebut adalah membantu pemerintah daerah melalui pembinaan teritorial untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat serta percepatan pembangunan di wilayah Papua,” ujarnya.

Reza mengatakan, pada Kamis (17/9/2020) juga terjadi dua aksi kejam yang dilakukan oleh KKSB. Menurut Reza, anggota KKSB membacok pengemudi ojek bernama Badawi dengan menggunakan parang hingga meninggal di lokasi kejadian sekitar pukul 10.50 WIT.

“Peristiwa kedua terjadi pada pukul 14.20 WIT. KKSB menghadang anggota BKO Koramil Persiapanyang sedang membawa logistik bernama Serka Sahlan. Peristiwa tersebut mengakibatkan Serka Sahlan gugur karena luka tembak,” katanya.

Reza menyayangkan kejadian tersebut, serta berharap kepada seluruh komponen masyarakat di wilayah Papua untuk bersama-sama membangun Papua dengan penuh kedamaian untuk kesejahteraan seluruh masyarakat Papua.