Ganjar Minta Penyintas Diabetes dan Hipertensi Jangan Keluyuran

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (dok: Solopos)

MONITOR, Semarang – Ada perhatian khusus Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, kepada warganya ditengah pandemi virus Corona. Saat memimpin upacara pembagian masker, ia meminta warganya yang memiliki riwayat penyakit gula darah dan hipertensi untuk tinggal diam di rumah.

Pasalnya, Ganjar menjelaskan bahwa kedua penyakit itu disebut sebagai penyebab tertinggi kasus kematian akibat Covid-19 di Jawa Tengah.

“Saya ingatkan kepada masyarakat, yang merasa memiliki gula darah tinggi, hipertensi jangan klayaban. Lebih baik di rumah saja. Sebab, dua penyakit ini yang paling tinggi menyebabkan angka kematian selama pandemi Covid-19 di Jawa Tengah,” ujar Ganjar Pranowo, Jumat (18/9).

Berdasarkan data yang ada, sumbangan kasus meninggal pasien Covid-19 dengan kumorbit gula darah tinggi di Jawa Tengah sebesar 39,9 persen. Sementara pasien Covid-19 yang meninggal disertai kumorbit hipertensi sebanyak 32,0 persen.

Orang nomor wahid di Jawa Tengah ini mengatakan, untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, masyarakat harus menjadi ujung tombaknya. Ganjar menegaskan, masyarakat harus bisa menjadi pahlawan, dengan berperang melawan Covid-19 menggunakan kebiasaan baru.