Jumat, 29 Maret, 2024

Kementan terus Kampanyekan ‘Hindari Food Waste’ untuk Ketahanan Pangan

MONITOR, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat Indonesia menerapkan budaya tidak membuang makanan (food waste). Sebaiknya, kata Presiden, masyarakat memperkuat budaya baru, yakni dengan menghargai setiap makanan yang sudah diambil.

“Dalam mewujudkan ketahanan pangan ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebagai acuan kita, terutama atas peringatan FAO (Food and Agriculture Organization) tentang ancaman krisis pangan,” ujar Presiden di istana Bogor (15/9/2020).

Perlu diketahui, berdasarkan data yang ada, sampah makanan di Indonesia per tahun mencapai 1, 3 juta ton atau per orang menghasilkan 300 kilogram sampah makanan. Jika dirupiahkan, maka setiap 1,3 juta ton sampah makanan menghasilkam Rp 27 triliun. Ironisnya, 19,6 juta penduduk Indonesia masih kekurangan gizi. Jika dikonsumsi, 27 triliun itu dapat memberi makan 28 juta orang per tahunnya.

Kepala Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian, Kuntoro Boga Andri mengatakan kampanye hindari food waste selalu didengungkan Kementan, sehingga ajakan Presiden ini akan terus diperkuat di masyarakat.

- Advertisement -

Menurut Kuntoro, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kerap kali menekankan generasi muda harus dipahamkan proses pengolahan pangan dari awal, hingga tersaji di meja makan.

Dengan begitu, pembangunan ketahanan pangan yang berlandaskan pola pangan sehat untuk generasi muda yang hebat dapat diwujudkan, termasuk mendukung cita-cita pembangunan nasional.

“Kami harapkan generasi milenial dapat juga paham, bahwa begitu panjang waktu kerja keras petani dalam memenuhi pangan, dan masih banyak masyarakat kita yang butuh pangan layak. Jadi, mari tinggalkan kebiasaan menyia-nyiakan dan membuang makanan, kita jangan food waste,” tegas Kuntoro.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER