Jumat, 29 Maret, 2024

Potensi Pacet Sebagai Wilayah Pengembang Bawang Putih Nasional

MONITOR, Mojokerto – Bagi orang di luar Jawa Timur, nama Pacet Mojokerto sebagai penghasil bawang putih mungkin terdengar asing. Meskipun demikian, faktanya, sejak 1974 wilayah Pacet adalah penghasil bawang putih lokal. Varietas bawang putih yang umum ditanam adalah Lumbu Hijau.

Kondisi buruk memang pernah terjadi pada 1996 ketika membanjirnya bawang putih impor. Hal ini berakibat pada tertekannya harga bawang putih lokal. Akibat dari persaingan tersebut, petani bawang putih Pacet sedikit demi sedikit mulai beralih ke komoditas lain yang diusahakan, seperti ubi, bawang merah dan komoditas lainnya.

Bawang putih Pacet dikenal memiliki kualitas terbaik dengan aroma khas yang sangat pedas. Sebagai satu-satunya kecamatan penghasil bawang putih di Mojokerto, usaha tani bawang putih di Pacet awalnya merupakan salah satu andalan petani sebagai sumber penghasilan yang menjanjikan untuk memberikan kehidupan yang lebih.

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa tujuan program pertanian di antaranya meningkatkan kesejahteraan petani. Rencana mengangkat kembali bawang putih lokal untuk mengurangi impor menjadi angin segar petani setelah lebih dari dua dekade petani tidak bertanam bawang putih secara luas.

- Advertisement -

“Komoditas bawang putih telah menjadi salah satu komoditas hortikultura yang berkontribusi terhadap inflasi nasional selain cabai dan bawang merah. Kebergantungan terhadap bawang putih impor akan menjadi hal yang sangat mengkhawatirkan pada masa datang,” ujar Direktur Jenderal Hortikultura, Prihasto Setyanto.

Menurutnya, usaha pengembangan bawang putih nasional akan terus dikembangkan untuk mendorong substitusi impor dan mengantisipasi terjadinya inflasi.

Pelan namun pasti, sentra bawang putih baik yang telah ada maupun yang baru mulai tumbuh dan berkembang termasuk juga di Pacet Mojokerto. Adanya kebijakan tanam bawang putih membakar semangat petani untuk mengembangkan usaha tani bawang putih kembali. Pada 2020 ini di Kecamatan Pacet terdapat pertanaman seluas 109 ha. Sebagian besar dikembangkan secara swadaya bekerja sama dengan penangkar bawang putih.

“Pertanaman bawang putih di Pacet tersebar di 6 desa yaitu Desa Sajen, Pasukan, Claket, Petak, Cepokolimo dan Kemiri. Areal pertanaman bawang putih saat ini mencapai 109 ha dengan pertanaman terluas di Desa Pacet yaitu seluas 32,05 ha dan disusul Desa Petak seluas 27,10 ha,” ujar Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto, Teguh Gunarko.

Dirinya menyampaikan bahwa hingga saat ini lebih kurang 27 ha bawang putih di wilayahnya telah dipanen dan sisa sebanyak 82 ha lainnya diperkirakan terakhir panen pada Oktober 2020 dengan produktivitas berkisar 12 – 14 ton per ha.

“Saya optimis dengan kondisi seperti saat ini dan dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat, pertanaman bawang putih di Pacet dapat bertambah luas,” paparnya bangga.

Hal yang istimewa pada pertanaman di Pacet Mojokerto ini adalah bahwa sebagian besar pertanaman dilakukan di lokasi dengan ketinggian rata-rata 450 – 600 mdpl. Selain itu, didukung pengairan yang tiada henti dan dengan pertimbangan musim yang tepat.

“Waktu panen yang terjadi pada masa bediding atau perbedaan suhu siang dan malam yang sangat signifikan akan merangsang ukuran umbi dan siung bawang dapat lebih besar,” kata produsen benih bawang putih asal Kota Batu, M. Thoha.

Produsen yang telah lama bekerja sama dengan penangkar benih di Pacet ini berharap produksi yang dihasilkan dapat lebih banyak digunakan sebagai calon benih.

Kondisi senada disampaikan Direktur Perbenihan Hortikultura, Sukarman. Dalam rangka memperbaiki kualitas bawang putih nasional maka salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu penggunaan benih bawang putih yang berkualitas.

“Untuk menghasilkan umbi bawang putih yang berukuran besar, kami menyarankan agar benih yang digunakan adalah benih bawang putih yang selain memenuhi Persyaratan Teknis Minimal (PTM) juga telah patah dormansi minimal 50% serta memiliki ukuran siung minimal 3 cm ke atas,” ujarnya.

Sebagai informasi, bawang putih asal petani dari Pacet sebagian besar berukuran besar atau lebih dari 3 cm dengan prosentase di atas 70%. Oleh karena itu, sangat cocok apabila pada gilirannya produksi bawang putih petani pacet digunakan sebagai benih untuk pengembangan kawasan bawang putih nasional.

Pada musim tanam 2020 ini diperkirakan hasil panen bawang putih basah berkisar 1.300 – 1.500 ton. Apabila diproses lebih lanjut menjadi calon benih, diperkirakan minimal 400 – 450 ton di antaranya dapat digunakan sebagai benih bawang putih dengan siung berukuran besar.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER