Luhut Dorong UMKM Berkontribusi Lebih di Masa Pandemi

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan

MONITOR, Jakarta – Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menilai pandemi Covid-19 memberikan pengalaman baru bagi Indonesia agar menjadi lebih mandiri.

Menurutnya, hal ini didorong oleh kecenderungan seluruh negara untuk memprioritaskan kebutuhan dalam negerinya terlebih dahulu. Luhut pun mendorong agat UMKM di Indonesia bisa lebih berkontribusi dalam pemenuhan TKDN.

“Saya ingin UMKM bisa berkontribusi lebih dalam pembuatan komponen dasar dalam negeri yang telah tersertifikasi untuk memenuhi TKDN,” kata Luhut dalam keterangannya, Kamis (10/9).

Mengingat, kata Luhut, total produk yang memiliki sertifikat TKDN baru 9565 produk dan jumlah ini masih sangat sedikit sekali untuk ukuran negara sebesar Indonesia.

“Saya berpesan kepada seluruh K/L untuk melanjutkan pembicaraan terkait TKDN ini dalam waktu 3 minggu lagi, guna mengevaluasi kebijakan penerapan TKDN untuk Lembaga Negara,” terang Luhut.

Ia pun berharap agar penerapan TKDN ini jadi kesempatan seluruh bangsa Indonesia untuk berbenah dan memperbaiki banyak hal yang selama ini kurang diperhatikan.