Makin Agresif, Pertamina Gandeng Alfamart Kembangkan Bright Store

Penandantanganan MoU antara Pertamina dengan Alfamart, di tanda tangani oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur, Mulyono dan Direktur Merchandising Alfamart, Harryanto Susanto serta Direktur Corporate Affairs Solihin.

MONITOR, Jakarta – Pertamina gandeng Alfamart mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU di Luar pulau Jawa. Kerjasama dengan Alfamart ini di resmikan dalam bentuk penandantanganan MoU antara Pertamina dengan Alfamart, yang di tanda tangani oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur, Mulyono dan Direktur Merchandising Alfamart, Harryanto Susanto serta Direktur Corporate Affairs Solihin.

Direktur Logistik dan Infrastrukur PT Pertamina (Persero), Mulyono mengungkapkan bahwa perubahan karakter konsumen di Era Milenial saat ini membawa opportunity bisnis yang bagus untuk bisnis Non Fuel Retail (NFR). Potensi bisnis tersebut terlihat dari costumer behavior melalui ekosistem jaringan SPBU yang dimiliki Pertamina sebanyak 7000 lebih dengan traffic yang sangat tinggi.

“Pertamina telah memiliki Bright Store yang saat ini sudah tersebar di 195 lokasi. Bright Store ini diharapkan dapat menjadi bagian dari channel SPBU di seluruh Indonesia sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan konsumen SPBU yang singgah untuk beristirahat sejenak dan kemudian melanjutkan perjalanan kembali. Stop in & Refresh,” ujar Mulyono.

Ia memastikan bahwa perlu ada kolaborasi dengan minimarket yang memiliki jaringan sangat luas agar pengembangan bisnis NFR bisa berkembang. Pertamina menggandeng Alfamart dalam mengembangkan bisnis Bright Store di SPBU melalui mekanisme Co Branding Bright Store by Alfamart/Alfamidi di luar Pulau Jawa.

“Saat ini sudah ada 200 toko Alfamart di area SPBU Pertamina. Kedepan akan berubah menjadi Bright by Alfamart/Alfamidi dan berlaku seluruh SPBU baik COCO (milik Pertamina) maupun DODO (Milik Swasta),” ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Corporate Affairs Alfamart, Solihin menambahkan bahwa kerjasama ini, dapat mencakup kerjasama promosi kedua belah pihak, menunjang produk UMKM dan Private Lable Pertamina, serta adanya sharing dalam investasi.

“Hal yang tak kalah menarik dalam kerjasamanya ini adalah bagi pengusaha swasta SPBU (DODO), diberlakukan kebijakan khusus franchise fee,” imbuhnya.

Dengan adanya Kolaborasi kekuatan jaringan SPBU Pertamina dengan kehandalan operasional Alfamart di Indonesia, akan memberikan manfaat bagi kedua perusahaan dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, pungkas Mulyono.