Selasa, 16 April, 2024

Jasa Marga Rekayasa Lalin di Simpang Susun Sadang Tol Cipularang

MONITOR, Purwakarta – Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division yang mengelola Ruas Tol Cipularang, bersama dengan PT Jasamarga Japek Selatan (JJS), salah satu kelompok usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk yang mengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, telah melakukan mitigasi risiko terhadap rencana pemasangan gelegar jembatan (erection girder) proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek II yang akan dilakukan pada Minggu ketiga bulan September 2020.

Pemasangan gelegar jembatan ini berlokasi pada Paket 3 Ruas Taman Mekar-Sadang Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, atau tepatnya diatas Km 76 Jalan Tol Cipularang. Berkoordinasi dengan pihak Kepolisian, Jasa Marga menyiapkan rekayasa lalulintas yang dilakukan di sekitar Gerbang Tol (GT) Sadang.

Rekayasa lalulintas itu berupa membuat detour (peralihan jalur) sebagai pengganti jalur yang akan ditutup sementara selama proses pemasangan gelegar jembatan di Ramp 4 (±Km 76+200) dan Ramp 7 (± Km 75+800). Hal ini disampaikan oleh Pimpinan Proyek Paket 3 Ruas Taman Mekar-Sadang pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan, Sudjianto.

“Pembuatan detour merupakan upaya dari PT JJS dan Jasa Marga, untuk mengganti jalur yang terpakai pada saat erection girder sehingga diharapkan tidak terjadi kepadatan atau antrean di gerbang tol. Disamping itu, struktur detour juga telah dibuat dengan perkerasan beton yang memiliki lebar 9 m, dengan ketebalan jalan 25 cm, agar aman untuk dilalui oleh semua jenis kendaraan,” jelasnya.

- Advertisement -

Selain upaya tersebut, ia menambahkan pemasangan gelagar jembatan dilakukan secara bertahap. Adapun pemasangan gelegar pada Ramp 7 akan dilakukan terlebih dahulu, dengan melakukan rekayasa lalulintas akan berlangsung pada hari Selasa (15/9) pukul 01:00 s/d 04:00 WIB, dan pada hari Rabu (16/09) pukul 01:00 s/d pukul 04:00 WIB.

Sementara itu, pemasangan gelegar jembatan di Ramp 4 akan berlangsung pada hari Selasa (22/09) pukul 01:00 s/d pukul 04:00 WIB, dan pada hari Rabu (23/09) pukul 01:00 s/d pukul 04:00 WIB.

Dalam rangka menjaga keamanan dan keselamatan pengguna jalan, di sekitar lokasi pekerjaan akan dipasang rambu-rambu sesuai standar, seperti rambu prisma, rambu petunjuk jurusan kendaraan, dan flip flop yang dipasang di bawah rambu petunjuk jurusan. Selain itu, PT JJS juga akan menambah lampu penerangan, memasang pagar pengaman proyek serta menempatkan petugas pengaturan lalulintas di sekitar lokasi pekerjaan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER