Jumat, 24 September, 2021

Bertemu Menhan China, Prabowo Bahas Situasi di Laut China Selatan

MONITOR, Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menerima kunjungan kehormatan Chinese State Councilor and Defense Minister H.E. General Wei Fenghe di Kantor Kemhan, Jakarta Pusat, Selasa (8/9/2020).

Saat menerima kunjungan Menhan China beserta rombongan, Prabowo Subianto didampingi oleh Wakil Menhan RI Sakti Wahyu Trenggono beserta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakasad) Letnan Jenderal TNI Moch. Fachrudin, Kepala Staf TNI AL (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dan Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Sedangkan Menhan China didampingi oleh Duta Besar China untuk Indonesia H.E. Xiao Qian, Deputy Commander of the Southern Theater Command Lieutenant General (Air Force) Jia Zhigang, Deputy Chief of the Office for International Military Cooperation of Central Military Commission (OIMC) Major General Song Yanchao dan Director General of Research Bureau of General Office of Central Military Commission Major General Liu Yantong.

Menhan China beserta delegasinya tiba di Indonesia pada Selasa (8/9/2020) di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dengan menggunakan pesawat khusus AU PLA dari Beijing untuk melakukan beberapa pertemuan dengan Menhan RI.

- Advertisement -

Pertemuan Menhan kedua negara itu terdiri dari pertemuan bilateral di Aula Bhineka Tunggal Ika yang didahului pertemuan pendahuluan dengan Menhan RI, Panglima TNI dan para Kepala Staf Angkatan. 

Dalam pertemuan bilateral antara Kemhan kedua negara itu dibahas mengenai berbagai hal penting yang berhubungan dengan pertahanan negara, antara lain Strategi Pemerintah Indonesia dalam mencegah penyebaran atau penularan Covid-19 di masyarakat dan strategi Kemhan RI dalam menghadapinya, perkembangan kerja sama penanganan Covid-19 antara RI dan China, kerja sama Industri Pertahanan, kerja sama pendidikan dan isu-isu terbaru di Kawasan Asia Pasifik.

Juru Bicara Menhan, Dahnil Anzar Simanjuntak, mengungkapkan bahwa kunjungan Menhan China tersebut merupakan kunjungan balasan terhadap kunjungan Menhan Prabowo Subianto ke China beberapa waktu lalu.

“Kunjungan kehormatan balasan saja, tahun lalu sebelum wabah kan Menhan Prabowo melakukan kunjungan kehormatan ke RRT (China),” ungkapnya kepada wartawan, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Dahnil menegaskan bahwa pertemuan tersebut memang membicarakan kelanjutan kerja sama bilateral di bidang pertahanan dan membahas isu-isu terkini terkait situasi di Laut China Selatan (LCS).

“Bicara kelanjutan kerja sama bilateral bidang pertahanan. Terkait memanasnya LCS tentu kita berkomitmen untuk terus mendorong dialog dan perdamaian,” ujarnya.

Selanjutnya, juga dilaksanakan pertemuan antara Menhan kedua negara dengan Menko Kemaritiman di Ruang Kerja Menhan RI, yang dilanjutkan dengan makan malam.

Hadir pula dalam pertemuan itu Sekjen Kemhan RI Marsdya TNI Donny Ermawan Taufanto, Irjen Kemhan Letjen TNI Ida Bagus Purwalaksana, Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian, Asisten Khusus Menhan Bid. Jemenhan Sjafrie Sjamsoeddin, Asisten Khusus Menhan Bid. Lingstra dan Hubtarlem Marsda TNI (Purn) Bambang Eko Suhariyanto dan pejabat Eselon I Kemhan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER