Tolak Dai Bersertifikat, Anwar Abbas Siap Mundur dari Sekjen MUI

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Buya Anwar Abbas (dok: net)

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Anwar Abbas keberatan dengan cara pandang Menteri Agama, Facrul Razi, yang kerap membahas radikalisme dan menyudutkan umat Islam.

Atas dasar ini, Anwar Abbas yang juga merupakan petinggi PP Muhammadiyah menolak dengan tegas program Dai dan penceramah bersertifikat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama, yang akan melibatkan MUI.

“Saya Anwar Abbas secara pribadi, yang juga kebetulan adalah Sekjen MUI, dengan ini menolak dengan tegas dan keras program dai dan penceramah bersertifikat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Agama yang akan melibatkan MUI,” ujar Anwar Abbas dalam keterangan yang diterima MONITOR, Sabtu (5/9).

Bahkan dengan tegas, Anwar menentukan sikap apabila MUI mau menerima program dari Kemenag itu, maka dirinya akan mundur dari jabatan Sekretaris Jenderal MUI.

“Bila hal ini terus dilaksanakan dan teman-teman saya di MUI menerimanya, maka begitu program tersebut diterima oleh MUI, maka ketika itu juga saya Anwar Abbas tampa kompromi menyatakan diri mundur sebagai Sekjen MUI,” tegas ulama dari Sumatera Barat ini.