Kamis, 28 Maret, 2024

KPU Depok Targetkan Partisipasi Pemilih Capai 77,5 Persen

MONITOR, Depok – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menargetkan partisipasi pemilih pada Pilwalkot Depok 2020 sebesar 77,5 persen. Target yang ditetapkan ini lebih tinggi dibandingkan Pilwalkot 2015 yaitu 56,15 persen.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, berdasarkan data yang ada, partisipasi pemilih pada kontestasi Pilwalkot Depok, trennya selalu meningkat. Pada 2010 sebesar 54,19 persen dan 2015 menjadi 56,15 persen.

“Artinya kami masih memiliki Pekerjaan Rumah (PR) sebesar 21 persen untuk mencapai target tersebut,” katanya Nana saat dikonfirmasi, Jumat (04/09/2020).

Karena itu, Nana mengatakan, untuk merealisasikan target tersebut, berbagai upaya telah dilakukan pihak. Salah satunya dengan mengadakan sosialisasi secara online.

- Advertisement -

“Kami juga memanfaatkan media sosial (medsos) sebagai sarana sosialisasi. Karena di masa pandemi Covid-19 lebih optimal dengan daring (online),” ujarnya.

Namun demikian, kata Nana, dukungan dari berbagai pihak (stakeholder) sangat dibutuhkan guna mendongkrak partisipasi pemilih. Termasuk dari Kepala Perangkat Daerah (PD), camat, dan lurah.

“Karena bagaimana pun kami sebagai penyelenggara Pemilu tidak mampu bekerja sendiri, butuh dukungan dari seluruh pihak untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER