Jubir Satgas Klaim Berhasil Turunkan Penyebaran Covid-19

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito,/ dok: detik.com

MONITOR, Jakarta – Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, mengklaim sejumlah upaya dan kebijakan yang dilakukan Pemerintah telah membuahkan hasil dalam menekan laju penyebaran virus Corona.

Capaian tersebut dilihat dari sejumlah kebijakan yang dikeluarkan, seperti sistem zonasi guna melakukan penetapan dan pengendalian wilayah.

“Pemerintah juga telah menambah jumlah laboratorium testing, dari 1 menjadi lebih dari 300 laboratorium di seluruh Indonesia, dari 12 kementerian lembaga yang berbeda. Demikian juga rumah sakit rujukan kini telah berkembang lebih dari 800 rumah sakit, baik di tingkat nasional, maupun tingkat provinsi,” ujar Wiku Adisasmito dalam konferensi pers.

Ia menjelaskan persentase kasus aktif nasional cenderung menurun, dimana per Agustus 2020, sudah mencapai 23,64% dari persentase sebelumnya 91,26% pada bulan Maret 2020.

“Pada persentase kematian pun cenderung menurun setelah mencapai puncaknya pada April 2020, yaitu 8,64%, menjadi 4,47% pada bulan Agustus,” terangnya.

Sementara persentase kesembuhan nasional juga cenderung meningkat pada bulan Agustus mencapai 72,17% dari hanya 3,84% pada bulan Maret 2020.