Cerita Haru Yusril Kenang Almarhum Gafur, Menpora Era Soeharto

Menteri Pemuda dan Olahraga era Presiden Soeharto, Abdul Gafur/ dok; net

MONITOR, Jakarta – Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Abdul Gafur meninggal dunia hari ini, Jumat (4/9). Almarhum meninggal di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto pagi ini, pukul 06.30 WIB.

Abdul Gafur dikabarkan meninggal karena positif Covid-19, disertai penyakit bawaan lainnya yakni Diabetes Tipe 2.

Kepergian almarhum rupanya menyisakan duka bagi Yusril Ihza Mahendra. Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini mengaku turut berduka atas kabar wafatnya Menpora era Presiden Soeharto ini.

“Tokoh Angkatan 66 dan mantan Menpora Era Presiden Suharto meninggal dunia hari ini (4 September 2020) di Jakarta. Bang Gafur, demikian kami biasa memanggilnya, wafat karena Covid 19. Innalillahi wa inna Ilaihi Raji’un. Kita semua kepunyaan Allah,” ujar Yusril Ihza Mahendra, dalam tulisannya di Twitter, Jumat (4/9).

Yusril bercerita, dirinya sempat bertemu dengan almarhum Gafur akhir tahun 2019. Kala itu, almarhum mengunjungi kantor Yusril di Mall Kota Kasablanka.

Pakar Hukum Tata Negara ini mengenang sosok Gafur sebagai orang yang periang, dan ramah kepada semua orang. Selain itu, almarhum dikenal sebagai pribadi yang pemaaf.

“Bang Gafur itu orang baik hati dan pemaaf,” kenang Yusril.

“Ketika mahasiswa kami pernah melempar Bang Gafur dengan telur busuk di Kampus FK UI Salemba gara-gara kami menolak NKK BKK yang digagas Mendikbud Daoef Joesoef. Bang Gafur waktu itu jadi Menpora. Beliau menghadapi dilema. Sayang sama adik-adik mahasiswa, tetapi harus ikut kebijakan,” cerita Yusril.