20 Ribu Baret Ungu Ikuti Rapid Test Serentak

Korps Marinir TNI AL melaksanakan rapid test secara serentak.

Prajurit Marinir TNI AL. (Istimewa)

MONITOR, Jakarta – Korps Marinir TNI AL di bawah pimpinan Komandan Korps Marinir (Dankormar), Mayjen TNI (Mar) Suhartono, melaksanakan rapid test secara serentak.

“Korps Marinir melakukan rapid test secara serempak kepada seluruh prajurit Marinir seluruh Indonesia, guna memutus rantai penularan Covid-19 yang belum juga mereda,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kormar, Kolonel Laut (K) Ariyo Sasto Bintoro, dalam keterangan resminya, Jakarta, Kamis (3/9/2020).

Menurut Ariyo, rapid test itu berpusat di Markas Komando (Mako) Kormar di Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun Nomor 40 Kwitang, Jakarta Pusat, dan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama Mako Kormar serta prajurit Kormar seluruh Indonesia di kesatuan masing-masing.

“Rapid test yang dilaksanakan hari ini pada satuan masing-masing di seluruh Indonesia, diwajibkan kepada dua puluh ribu prajurit Baret Ungu. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali, setelah sebelumnya para satuan melaksanakan tes sendiri-sendiri,” ujarnya.

Ariyo mengatakan bahwa untuk prajurit yang hasilnya reaktif, maka Diskes Kormar sudah menyiapkan tempat isolasi mandiri di setiap satuan.

“Untuk wilayah Jakarta, telah disiapkan sekitar dua ratus tempat untuk isolasi mandiri bertempat di Pangkalan Marinir Jakarta yang berada di Kwini Senen Jakarta Pusat,” katanya.

Sekadar informasi, turut melaksanakan rapid test yaitu Wadan Kormar Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, Irkormar Brigjen TNI (Mar) Lasmono dan seluruh Pejabat Utama Mako Kormar.