Kamis, 28 Maret, 2024

Megawati Akui Masih Ada yang Memanas-manasi Maju Pilpres

MONITOR, Jakarta – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, mengakui bahwa sampai hari ini masih ada saja orang yang mendorong-dorong dirinya untuk maju di Pemilu Presiden (Pilpres).

Bagi Megawati, dorongan itu hanya guyonan semata. Sebab baginya, kepentingan bangsa dan negara lebih penting dibanding ambisi pribadi. 

“Ada yang bilang, ibu, kenapa ibu enggak mau jadi presiden lagi? Saya hanya ketawa-ketawa saja. Enak saja kamu manas-manasin saya. Karena itulah, kita harus meluruhkan yang namanya keinginan pribadi kita di partai politik itu,” ungkap Megawati saat memberikan arahan pada pengumuman calon kepala daerah dan wakil kepala daerah gelombang V menuju Pilkada Serentak 2020 melalui telekonferensi, Jakarta, Rabu (2/9/2020). 

Begitu juga dengan pemberian rekomendasi bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Menurut Megawati, rekomendasi yang diberikannya semata-mata untuk kepentingan yang lebih luas lagi, bukan untuk kemenangan pribadi. 

- Advertisement -

“Boleh saja marah secara pribadi kepada saya, tetapi jangan saya sebagai ketua umum. Karena saya dijadikan ketua umum itu oleh kalian dalam sebuah institusi tertinggi partai yang namanya Kongres Partai. Kalian semua mengikuti, kita secara demokratis tetapi terpimpin,” ujarnya.

Megawati juga mencontohkan saat dirinya memberikan rekomendasi kepada Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2014 lalu. Putri Proklamator RI Bung Karno itu melihat Jokowi itu sebagai orang yang tepat untuk memajukan Indonesia. Dan menurut Megawati, hal itu tepat. 

“Insya Allah pilihan saya, karena saya mencarinya dengan hati yang bersih, bukan secara pragmatis. Melihat Pak Jokowi itu kalau dipikirkan dulu dibilang siapa Jokowi. Orang bilang itu hanya kan insinyur, pengusaha furniture,” katanya.

“Tetapi kan itulah yang saya katakan, saya tidak akan sembarangan mencari orang. Bukan demi Pak Jokowi seperti sekarang, tapi demi pemimpin bangsa ini dapat membawa arah perjuangan yang terbaik bagi bangsa dan negara Indonesia,” ungkap Megawati menambahkan.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER