PDIP Gembleng Cakadanya dengan Tri Sakti Soekarno

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, saat memberikan pengarahan di acara pengumuman cakada PDIP gelombang ke-IV yang digelar secara virtual, Jakarta, Jumat (28/8/2020). (Dok. DPP PDIP)

MONITOR, Jakarta – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menggelar sekolah partai untuk calon kepala daerah (cakada) gelombang II. Sekolah ini digelar sebagai bentuk keseriusan partai berlambang kepala banteng moncong putih itu mempersiapkan calon pemimpin di daerah.

Politikus PDIP yang juga bakal calon Wakil Bupati Jembrana, Ketut Sugiasa, mengaku mendapatkan banyak pelajaran selama mengikuti sekolah partai yang digelar secara daring pada 26 hingga 30 Agustus 2020 lalu. Pesan tentang menegakkan Pancasila, membangun pemerintahan bersih hingga menjaga pluralitas disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Sukarnoputri.

“Ibu Ketua Umum Megawati berpesan jaga pluralisme, kerja untuk rakyat, lindungi kaum perempuan dan jangan korupsi,” ungkap Sugiasa dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Selasa (1/9/2020).

Sugiasa mengatakan, mengikuti sekolah partai yang diperuntukkan bagi cakada PDIP itu merupakan pengalaman luar biasa. Sekolah ini, bagi Sugiasa, merupakan bekal bagi para calon pemimpin daerah untuk memantapkan jiwa kepemimpinan yang jujur, cerdas dan adil dalam melayani rakyat.

Dalam sekolah partai ini, lanjut Sugiasa, para cakada juga mendapatkan materi ilmu dasar-dasar kebangsaan dan kenegaraan sekaligus pemaparan khusus tentang cita-cita perjuangan PDIP sebagai alat perjuangan untuk menyejahterakan rakyat sesuai peta jalan konsep Tri Sakti Presiden RI Pertama yang juga Proklamator Soekarno atau Bung Karno.

“Tentang politik anggaran, tentang ideologi, tentang kebijakan, tentang cita-cita PDIP mensejahterakan rakyat melalui konsep Tri Sakti Bung Karno,” katanya.