Jumat, 19 April, 2024

Korem PVT Kibarkan 2.045 Merah Putih di Gunung Kali Ampat

MONITOR, Sorong – Korem 181/Praja Vira Tama (PVT) mengibarkan 2.045 Bendera Merah Putih dan menanam 2.045 Pohon Penghijauan di Gunung Kali Ampat, Sorong, Papua Barat, Senin (31/8/2020).

Danrem 181/PVT, Brigjen TNI Yulius Selvanus, mengungkapkan bahwa pengibaran Bendera Merah Putih itu merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-75.

Hal itu diungkapkan Yulius Selvanus dalam sambutannya saat membuka acara Pengibaran 2.045 Bendera Merah Putih dan Penanaman 2.045 Pohon Penghijauan di Gunung Kali Ampat, Sorong, Papua Barat, Senin (31/8/2020).

Menurut Yulius, kegiatan pengibaran Bendera Merah Putih secara serentak itu bukan semata-mata kegiatan seremonial belaka, tetapi juga merupakan salah satu bentuk penghormatan sebagai warga negara kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi meraih kemerdekaan untuk Indonesia.

- Advertisement -

Selanjutnya, Yulius menyampaikan bahwa kegiatan penanaman pohon serentak adalah hal penting yang harus dilaksanakan secara nyata dalam menangani krisis lingkungan.

“Berkurangnya habitat tumbuh-tumbuhan merupakan salah satu penyebab terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan lain sebagainya, yang disebabkan oleh pesatnya pembangunan dan kebutuhan manusia akan tempat tinggal,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR, Jakarta, Senin (31/8/2020).

“Mari kita bersama-sama mengurangi dampak kerusakan lingkungan, dengan melakukan kegiatan penghijauan di lahan yang kosong serta melaksanakan kegiatan reboisasi di wilayah kawasan hutan,” ujar Yulius melanjutkan.

Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Sorong Julian Kelly Kambu, mengucapkan terima kasih kepada Danrem 181/PVT dan jajarannya yang sudah memberikan sumbangsih yang luar biasa sehingga kegiatan itu bisa dilaksanakan.

“Jadi orang lingkungan harus memberikan perlindungan lingkungan yang ada di kawasan ini, yang harus dijaga buat anak cucu nantinya. Hal ini terkait dengan kajian pemerintah bahwa kita termasuk dalam skala rawan bencana, sehingga kawasan ini perlu dihijaukan lagi,” katanya.

Wakil Bupati Kabupaten Sorong, Suka Harjono, juga menyampaikan ucapan terima kasih Kepada Danrem 181/PVT yang sudah menjadi pelopor penghijauan sehingga memberikan manfaat yang baik untuk negeri ini.

“Ini bisa menjadi contoh dan memberikan masukan ke kabupaten sehingga kami bisa melaksanakan kegiatan yang sama juga nantinya. Kegiatan ini merupakan suatu upaya yang baik buat kelangsungan hidup dan bisa menjadikan gunung dan hutan hijau kembali, sehingga ekosistem di lingkungan bisa terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Kegiatan pengibaran 2.045 Bendera Merah Putih dan penanaman 2.045 pohon seperti Merbau, Akasia dan buah-buahan di Gunung Kali Ampat itu bertema ‘Bersama Lestarikan Bumi Indonesia Demi Masa Depan Generasi Penerus Bangsa’.

Kegiatan itu diikuti oleh seluruh personel satuan jajaran Korem 181/PVT, Pasmar III, Koarmada III/Sorong, Lantamal XIV/ Sorong, Yon Zipur 20/PPA, Polres Sorong Kota, serta gabungan mahasiswa, pelajar dan masyarakat sekitar.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya K.S Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Danlantamal XIV Brigjen TNI Mar Markos, Wakil Bupati Sorong Suka Harjono, Kasrem 181/PVT Kolonel Inf I Wayan Sandi Susila, Asintel Pasmar III Kolonel Mar Ferdi Erwin Takaendengan.

Kemudian Aspotmar Danlantamal XIV Kolonel Laut (P) Teddy Barata, para Kasi Korem 181/PVT, para Dansat dan Kabalak Aju jajaran Korem 181/PVT, Kabintal Lanud Manuhua Letkol Sus A. Ritonga, Danyonzipur 13/PPA Mayor Czi Donny Pramudya Mahardi, Danyon B Pelopor Kompol Jonadab Wattimena, Wakapolres Sorong AKP Emmy Fenetiruma.

Kepala Badan Lingkungan Hidup kota Sorong Julian Kelly Kambu, BPSDM Perhubungan Syahril Sunusi, Ketua Persit KCK Koorcab Rem 181 PD XVIII/Kasuari Anik Yulius Selvanus dan  wakil ketua I Wayan Sandi Susila beserta pengurus.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER