Gelar Rapat di Restoran, DPRD DKI Dinilai Tak Peka Kondisi Rakyat

Ilustrasi gedung DPRD DKI Jakarta (dok: Tempo)

MONITOR, Jakarta – Beberapa komisi di DPRD DKI Jakarta hari ini, Selasa (1/9/2020), menggelar rapat di salah satu restoran di kawasan Jakarta Pusat. Kritikan pun muncul ketika para wakil rakyat ini memilih rapat di luar Gedung DPRD DKI.

Pengamat Kebijakan Publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah, mengatakan kegiatan rapat tersebut menjadi bukti para wakil rakyat Jakarta tidak peka terhadap kondisi masyarakat, yang saat ini sedang terpuruk ekonominya karena pandemi Covid-19.

“Dengan rapat di luar kantor dan memilih di restoran, jelas memberikan contoh tidak baik ke konstituen mereka. Di saat ekonomi masyarakat sedang terpuruk seharusnya para anggota dewan berhemat. Karena dengan memilih rapat di restoran ada biaya yang harus dikeluarkan. Nah, biaya itu darimana, kalau bukan uang rakyat yang dipakai,” ujar Trubus dihubungi wartawan, Selasa (1/9).

Menurut Trubus, para anggota DPRD DKI Jakarta sebenarnya mempunyai kantor atau gedung yang megah, luas dan nyaman untuk dipakai rapat.

“Kalau alasannya takut Covid-19, kan gedungnya atau tempat bekerja bisa dibersihkan dulu dengan disemprot disinfektan,” terangnya.

Trubus pun mengakui, kalau dirinya membaca berita ada anggota DPRD DKI Jakarta yang meninggal bahkan terpapar Covid-19. Namun demikian, hal tersebut, tidak bisa dijadikan alasan oleh para anggota dewan, untuk tidak menggunakan gedung DPRD untuk melakukan kegiatan yang berkaitan dengan tugas kedewanan.

“Yang terpenting sebenarnya selama para anggota dewan dan masyarakat yang datang ke Gedung DPRD DKI mematuhi protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah dengan baik, kekhawatiran itu tidak akan terjadi,” pungkasnya.

Diketahui, anggota DPRD DKI Jakarta menggelar rapat komisi B (Bidang Perekonomian) dan C (Bidang Keuangan) di restoran Pulau Dua, Senayan, Jakarta Pusat. Rapat digelar untuk pembahasan Raperda pertanggungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P2APBD).