Paldam Kasuari Bantu Pencegahan Penularan Covid-19

Personel Paldam XVIII/Kasuari sedang membuat APD Body Protector. (Dok. Pendam XVIII/Kasuari)

MONITOR, Manokwari – Covid-19 merupakan wabah yang mulai muncul di awal 2020 dan sampai dengan saat ini telah menyerang ribuan orang di berbagai negara termasuk Indonesia, akibatnya telah banyak menelan korban jiwa.

Melihat kondisi ini, Mayjen TNI Ali Hamdan Bogra Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari yang membawahi wilayah Papua Barat, tidak tinggal diam.

Melalui gagasan, inisiatif dan upayanya, Mayjen Ali Hamdan Bogra menggerakkan Kodam XVIII/Kasuari, dengan memberikan arahan kepada Kapaldam XVIII/Kasuari Letkol Cpl Ardiyansyah Putra untuk membuat Alat Pelindung Diri (APD) guna mencegah penularan Covid-19, khususnya di kota Manokwari, Papua Barat.

Kapaldam XVIII/Kasuari, Letkol Cpl Ardiyansyah Putra, mengungkapkan bahwa  beberapa APD yang dibuat oleh Paldam XVIII/Kasuari diantaranya Face Shield sebanyak 100 buah. 

“Face Shield yang dibuat berbahan pipa paralon ukuran delapan inci yang dipotong dan kemudian dipasang mika. Penggunaan Face Shield ini diharapkan dapat melindungi mata, hidung dan mulut dari kemungkinan paparan aerosol (virus yang ada di udara) atau droplet,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR, Jakarta, Minggu (30/8/2020) malam.

Lebih lanjut, Ardiyansyah mengatakan, tidak hanya Face Shield saja yang dibuat oleh Paldam, namun juga Body Protector yang berjumlah 50 buah. 

“Body Protector ini terbuat dari bahan karbonat yang dipotong sesuai ukuran badan dan ditempel mika bening kemudian dikaitkan pada tali kain. Body Protector ini digunakan untuk membatasi interaksi antara pengendara dan penumpang (kendaraam roda dua) guna memperkecil resiko penyebaran Covid-19 melalui aerosol (virus yang ada di udara) atau droplet,” katanya.

“Kita juga berharap, semoga kedua produk yang dibuat oleh Paldam XVIII/Kasuari ini bisa membantu pencegahan penularan virus Covid-19 yang ada di Kota Manokwari,” ujar Ardiyansyah menambahkan.