Senin, 20 September, 2021

Mahfud MD Gandeng Seniman, Buat Apa?

MONITOR, Jakarta – Menko Polhukam, Mahfud MD, mengkampanyekan protokol kesehatan di hadapan seniman dan budayawan Yogya di Warung Bu Ageng milik seniman Butet Karteredjasa yang terletak di kawasan Mantrijeron, Yogyakarta (29/8/2020). 

Dalam kesempatan itu, Mahfud MD menegaskan bahwa kegiatan ekonomi sangat penting, tapi protokol kesehatan tetap harus dijalankan dengan tetap memakai masker, cuci tangan dan menjaga jarak.

“Sekarang mulai terlihat, kegiatan ekonomi masyarakat sudah mulai bergerak, kegiatan sosial politik bergerak, tapi protokol kesehatannya belum begitu imbang,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Mahfud menilai, pelibatan seniman dan budayawan dalam penerapan protokol kesehatan itu sangat efektif karena dilakukan dengan cara persuasif.

- Advertisement -

“Kawasan-kawasan tertentu masih ada yang belum pakai masker, sebaiknya ditertibkan melalui cara-cara persuasif, maka saya lewat seniman dan budayawan karena seniman dan budayawan pendekatannya lebih persuasif,” ujarnya.

Sejumlah seniman dan budayawan yang hadir dalam kesempatan itu antara lain Butet Kartaredjasa, Didik Nini Thowok, Agus Noor, Sujiwo Tejo dan beberapa seniman, kurator dan budayawan lain. 

Acara didahului dengan dialog antara Menko Polhukam dengan para seniman. Sejumlah seniman mempertanyakan langkah yang ditempuh pemerintah terkait dengan protokol kesehatan yang kini mulai diabaikan.

“Para seniman sejatinya sudah melakukan berbagai inisiatif dalam menghadapi pandemi covid, tapi tampaknya kesadaran akan protokol kesehatan semakin longgar di masyarakat” kata Suwarno Wisetrotomo, kurator dan dosen ISI Yogyakarta.

Usai berdialog, Menko Polhukam Mahfud MD juga menyerahkan sekitar 2.000 masker untuk para seniman dan budayawan Yogya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER