Lewat Sekolah Partai, Cakada PDIP Digembleng Sejahterakan Rakyat

Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, saat memberikan pengarahan di acara pengumuman cakada PDIP gelombang ke-IV yang digelar secara virtual, Jakarta, Jumat (28/8/2020). (Dok. DPP PDIP)

MONITOR, Jakarta – Sekolah partai untuk 129 calon kepala daerah (cakada) PDIP angkatan I telah usai. Para cakada yang mengikuti sekolah partai mengaku semakin percaya diri menghadapi Pilkada Serentak 2020 mendatang.

Calon Bupati Minahasa Utara, Joune Ganda, yang mengikuti sekolah partai untuk cakada angkatan I mengaku makin siap dan percaya diri untuk merangkul dan berjuang bersama masyarakat.

“Dalam sekolah partai ini kita digembleng, dididik mengenai pengetahuan kita tentang apa itu Pancasila dan apa yang menjadi tujuan PDIP dalam membela hak-hak rakyat serta mewujudkan kesejahteraan rakyat yang di cita-citakan,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Minggu (30/8/2020).

Joune mengatakan, selama mengikuti sekolah partai, dirinya diajarkan bagaimana menyinkronkan visi dan misi Presiden Jokowi dengan visi dan misi di daerah. Menurut Joune, sinkronisasi antara visi dan misi Presiden dengan daerah harus dilakukan agar pembangunan benar-benar terarah.

“Kita diajarkan bagaimana membangun daerah kita nanti. Sejumlah contoh diberikan terutama keberhasilan kepala daerah yang diusung PDIP yang mendapatkan banyak penghargaan,” katanya.

Tata kelola anggaran juga dinilai Joune sebagai salah satu materi penting dalam sekolah partai. Menurut Joune, kemampuan mengelola keuangan daerah harua dimiliki kepala daerah agar pembangunan bisa membawa dampak positif bagi masyarakat.

“Sekolah partai ini menunjukkan PDIP adalah partai yang siap membangun Indonesia sesuai cita-cita yang dicanangkan oleh pendiri bangsa Bung Karno untuk menuju masyarakat yang adil, makmur dan berbudaya,” ujarnya.