Tak Rasakan Gejala, Novel Baswedan Positif Covid-19

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan (dok: Media Indonesia)

MONITOR, Jakarta – Penyidik Senior KPK, Novel Baswedan, dinyatakan positif Covid-19 setelah melakukan uji usap atau test swab beberapa waktu lalu.

Novel Baswedan mengaku, hingga saat ini ia tidak merasakan gejala apapun meski sudah dinyatakan positif terpapar virus asal China itu.

“Iya kemarin test swab semua penyidik dan dibilang positif. Tapi memang aku tidak ada gejala apa-apa,” ungkap Novel seperti dikutip dari detikcom, Jakarta, Jumat (28/8/2020).

Namun kendati demikian, Novel mengaku sempat merasakan demam dan batuk pada tiga minggu lalu. Saat diuji usap beberapa waktu lalu, Novel juga mengaku masih merasakan sedikit batuk.

“Mungkin itu ter-capture Corona, atau Corona beneran nggak tahu,” ujarnya.

Seperti diketahui, sebelumnya KPK menggelar uji usap dengan menggandeng Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hasilnya, satu tahanan, sembilan pegawai dan empat non-pegawai di lingkungan KPK dinyatakan positif Covid-19.

“Sebelumnya berdasarkan test swab yang dilakukan BBTLKPP Kemenkes terhadap berapa pegawai dan tahanan telah ditemukan ada sembilan pegawai dari beberapa unit direktorat di KPK, empat orang non-pegawai/OS dan satu orang tahanan dinyatakan positif terpapar Covid-19,” ujat Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Jakarta, Kamis (27/8/2020).

Ali menyampaikan bahwa para pegawai yang dinyatakan positif Covid-19 langsung melakukan isolasi mandiri serta mendapat pengawasan dari puskesmas di tempat tinggal masing-masing. Sementara untuk tahanan yang dinyatakan positif, langsung dirawat di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

“Saat ini telah dilakukan isolasi mandiri dan tindakan medis lanjutan bekerjasama dengan puskesmas sekitar kediaman para pegawai yang terpapar untuk proses pemulihan terhadap para pegawai tersebut. Sedangkan untuk tahanan telah dilakukan isolasi dan perawatan di RS Polri,” ujarnya.