Sabtu, 27 April, 2024

Ma’ruf Amin Sebut Korupsi Kejahatan Luar Biasa yang Bersifat Sistemik

MONITOR, Jakarta – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan ada dua musuh yang membahayakan bangsa Indonesia saat ini. Pertama, virus korupsi, dan kedua adalah virus Corona (Covid-19). Ia mengingatkan agar kedua virus ini dihindari oleh seluruh elemen bangsa Indonesia.

“Kita semua sepakat dan memiliki sudut pandang yang sama bahwa korupsi adalah kejahatan luar biasa yang bersifat sistemik. Korupsi menjadi masalah serius bagi pembangunan di Indonesia,” kata Ma’ruf Amin, dalam acara penutupan acara Aksi Nasional Pencegahan Korupsi, Rabu (26/8) kemarin.

Ia tak bosan mengingatkan jajaran pemerintah agar terus mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi untuk menutup peluang korupsi, antara lain melalui pengembangan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang mencakup e-planning, e-procurement, e-budgeting, dan e-government.⁣

“Saya mengharapkan agar Pimpinan KPK bersama-sama dengan pimpinan kementerian dan lembaga terkait segera menyusun dan mempersiapkan aksi-aksi pencegahan korupsi, yang lebih spesifik, lebih fokus, dan menyasar sektor-sektor yang lebih strategis lagi,” pinta orang nomor dua di Indonesia ini.

Selain itu, Ma’ruf juga meminta kepada masyarakat sipil dan organisasi masyarakat lainnya untuk lebih didorong dan ditingkatkan partisipasinya dalam upaya pencegahan korupsi

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER