Sabtu, Mei 28, 2022

Luhut Dukung Seruan Jokowi Lakukan Lompatan Besar Ditengah Krisis

MONITOR, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan, menyambut baik seruan Presiden Joko Widodo dalam sidang tahunan MPR RI 14 Agustus lalu, untuk melakukan lompatan besar ditengah krisis pandemi.

Diketahui, saat itu presiden Jokowi menyebutkan upaya ‘hilirisasi’ sebagai salah satu langkah yang diambil oleh pemerintah untuk melakukan lompatan merebut momentum krisis ini.

“Untuk itulah, saya beserta Kementerian/ Lembaga terkait berkoordinasi tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai,” kata Luhut Binsar dalam keterangannya.

Luhut pun menegaskan kepada jajaran Kementerian/ Lembaga terkait untuk menyatukan pandangan bahwa pemerintah Indonesia tidak bisa main-main dengan lobby-lobby negara lain, hanya ada kepentingan nasional di balik pelaksanaan program ini.

- Advertisement -

“Untuk itu, saya kira penyusunan peraturan lintas Kementerian terkait harus diharmonisasikan. Untuk itulah saya pikir perlu adanya dukungan moril dari pemerintah dengan menjadikan Kendaraan Listrik sebagai kendaraan dinas operasional K/L, BUMN/D, dan dukungan materil lewat insentif fiskal berbasis TKDN sehingga tercipta peta jalan industri yang dapat memicu tumbuhnya industri komponen dalam negeri,” pungkasnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER