Jumat, 19 April, 2024

Dorong Inovasi UMKM Berkelanjutan, Pertamina Raih Anugerah Gatra 2020

MONITOR, Jakarta – PT Pertamina (Persero) berhasil mendapatkan penghargaan pada ajang Anugerah GATRA 2020 karena terus mengimplementasikan Goal 8 Sustainable Development Goals (SDGs). Keberlanjutannya Pertamina dalam mengimplementasikan SDG’S yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta tenaga kerja penuh dan produktif di mana diharapkan dapat membantu masyarakat mendapat pekerjaan yang layak dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Kamis (27/8).

Acara yang diselenggarakan Gatra Media Group mengangkat tema lkonis Nusantara “Inovasi Unggul Merah Putih”. Pertamina meraih penghargaan pada kategori “lnovasi dalam Membangkitkan UKM Melalui Dukungan Berkelanjutan”. Penghargaan diberikan karena Pertamina dinilai telah ikut serta meningkatkan kapasitas dan mendorong kemandirian bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia secara berkelanjutan.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengatakan, pemberdayaan UMKM dijalankan melalui Program Kemitraan. “Pertamina mewujudkan peran ini dalam rangka pengabdian dan kepeduliannya terhadap masyarakat. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 1993, dan telah menyalurkan bantuan kemitraan kepada lebih dari 63 ribu mitra binaan yang tersebar dari Sabang sampai Merauke,” jelasnya.

Jumlah ini akan terus meningkat, seiring dengan upaya Pertamina untuk membantu Pemerintah dalam pemulihan ekonomi nasional, akibat dampak dari pandemi virus Covid-19. Dengan berdikarinya usaha kecil dan menengah. “Kami berharap hal tersebut dapat membantu sendi-sendi perekonomian nasional menjadi normal kembali,” imbuhnya.

- Advertisement -

Direktur Utama Gatra Media Group, Hendri Firzani menambahkan, Gatra Media Group akan menjadi patner pemerintah membangun negara. Menurutnya, banyak pihak yang berkolaborasi melalui cara masing-masing dan di berbagai bidang. Terutama di masa pandemi Covid-19. Untuk itu, penghargaan tersebut perlu diberikan untuk mengapresiasi kerja keras pihak yang terlibat. “Kontribusi positifnya berupa ide, gagasan, serta program-program yang sudah terealisasi selama beberapa waktu terakhir dalam perjuangannya memajukan lndonesia dengan memberdayakan kemampuan dan karya anak bangsa sendiri,” ujar Hendri.

Turut memberikan sambutan secara virtual Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan Menteri Riset dan Teknologi/ Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Bambang P.S. Brodjonegoro. Sementara, piala penghargaan sebelumnya telah diterima oleh Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Nicke Widyawati.

Selain pemberian penghargaan, acara Anugrah Gatra 2020 juga diramaikan dengan talkshow virtual dari beberapa pembicara. Diantaranya Arya Dwi Paramita Vice President CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Hedy Rahadian Direktur Jenderal Bina Marga, dan Amin Soebandrio Ketua Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Serta di tutup dengan penampilan virtual dari artis Bunga Citra Lestari.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER