Jumat, 29 Maret, 2024

Bamsoet Ingatkan ASN Harus Bersikap Netral di Pilkada

MONITOR, Jakarta – Para Aparatur Sipil Negara (ASN) diminta menjaga netralitas dalam perhelatan Pilkada serentak 2020. Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bahkan tak menampik, masih ditemukan adanya kasus ASN yang bermain dalam aktivitas politik.

Politikus yang akrab disapa Bamsoet ini mengatakan netralitas ASN merupakan abdi negara yang tugas utamanya melayani rakyat. Untuk itu, netralitas adalah salah satu prasyarat mutlak mewujudkan tata kelola pemerintahan baik dan bersih.

“Apalagi ASN adalah abdi negara yang tugas pokok utamanya adalah melayani masyarakat. Hal ini dimaknai bahwa netralitas ASN berkaitan erat dengan kepentingan dan hajat hidup orang banyak,” ujar Bamsoet, dalam diskusi daring, Kamis (27/8).

Pesan ini ditegaskan Bamsoet, mengingat berdasarkan data Badan Kepegawaian Negara (BKN), pada periode Januari 2018 hingga Juni 2019, sebanyak 991 ASN dinyatakan terlibat dalam kasus pelanggaran netralitas ASN.

- Advertisement -

Sementara catatan BAWASLU, kata Bamsoet, telah ditemukan indikasi sebanyak 427 kasus ketidaknetralan ASN menjelang penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER