Anak Buah Anis Usul Ada Jalur Sepeda di Tol Dalam Kota

Tol Dalam kota

MONITOR, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengusulan kepada kementerian PUPR agar menyediakan satu ruas jalan tol dalam kota untuk digunakan oleh pesepeda. Usulan itu berdasarkan pertimbangan semakin meningkatnya animo masyarakat untuk menggunakan sepeda.

“Sejalan dengan meningkatnya animo masyarakat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi dam juga sebagai alat olahraga dan ini teridentifikasi kemarin terakhir pengguna sepeda di kawasan jalur sepeda sementara di jalan Sudirman – Thamrim – Medan Merdeka Barat sangat tinggi,”ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Rabu (26/8).

Dengan melihat Animo masyarakat pengguna sepeda sangat tinggi, lanjut Syafrin, Pemprov DKI, mengusulkan kepada kementerian PUPR untuk disiapkan satu ruas tol, tepatnya mulai di Kebon Nanas sampai dengan ke arah Priok. Satu sisi yang akan digunakan sebagai jalur sepeda sementara untuk sepeda road bike.

“Jadi menyiapkan satu jalur sendiri sebagai jalur sepeda sementara untuk road bike
Ia hanya khusus untuk pesepeda yang road bike. Sepeda santai tidak boleh,”terangnya.

Syafrin menjelaskan, nantinya saat diaktifkan Jalur sepeda dalam tol, akan dilakukan rekaya lalu lintas atau pengalihan arus lalu lintas, guna memberi kenyamanan dan keselamatan para pengguna sepeda.

Ia menyebut, nantinya juga akan diberi pembatas dengan traffic cone (kerucut) agar pesepeda tidak melebar dan bercampur dengan pengguna jalan lainnya.

“Tentu ada manajemen pengalihan dan rekayasa lalin pengalihan arus, jadi jalan tol di sisi baratnya dari kebon nanas sampai dengan plumpang itu ditutup,”pungkasnya.