Yonif 133 Resmikan TMP Dwikora di Perbatasan

Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, saat meresmikan gapura dan TMP Dwikora, Senin (24/8/2020). (Dok. Yonif 133/YS)

MONITOR, Sintang – Sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para pahlawan pada peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS meresmikan Taman Makam Pahlawan (TMP) Dwikora di Desa Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar).

Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta, mengungkapkan bahwa pembangunan gapura dan pagar TMP Dwikora itu dilaksanakan selama satu bulan oleh personel Satgas sejak bulan Juli dan selesai pada 22 Agustus 2020 lalu.

“Peresmian TMP Dwikora ini sebagai wujud penghormatan dan penghargaan kepada para pahlawan yang telah berjasa besar dalam merebut sekaligus mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima MONITOR, Jakarta, Senin (24/8/2020).

Selain itu, Hendra mengatakan, pembangunan gapura tersebut juga sebagai wujud bakti TNI dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan yang tidak hanya rela berkorban harta dan benda, tetapi juga jiwa dan raga demi tegaknya kemerdekaan Bangsa Indonesia. 

“Karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya. Oleh sebab itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam pembangunan,” katanya. 

Acara peresmian berlangsung dengan khidmat yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatangan prasasti oleh Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 133/YS, Letkol Inf Hendra Cipta. 

Sejumlah pejabat pemerintah daerah turut menghadiri acara peresmian TMP Dwikora itu. Antara lain Bupati Sintang Jarot Winarno, Ketua DPRD Kabupaten Sintang Florensius Ronny, anggota DPRD Provinsi Kalbar Terry Ibrahim serta para tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat serta pejabat instansi Pemkab Sintang. 

Ucapan terima kasih dan rasa hormat kepada TNI khususnya Satgas Yonif 133/YS juga disampaikan Bupati Sintang, Jarot Winarno. 

Bupati berharap, pembangunan TMP Dwikora itu hendaknya menjadi momentum bagi para generasi muda penerus bangsa dalam upaya semakin menumbuhkan jiwa nasionalisme dan bela negara.