Sabtu, 20 April, 2024

Hasto: Kami Sudah Biasa Menghadapi Kepungan di Surabaya

MONITOR, Jakarta – Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto, mengungkapkan bahwa partainya sudah biasa dikepung alias dikeroyok oleh partai politik (parpol) lain dalam ajang Pilwalkot Surabaya, Jawa Timur.

Hal itu disampaikan Hasto saat menanggapi siapa calon kepala daerah yang akan diusung PDIP dalam Pilwalkot Surabaya 2020 nanti. Sebab sejauh ini, hanya ada satu calon mengemuka yang didukung mayoritas parpol di kota itu, yakni Machfud Arifin. Hanya tersisa PDIP dan PSI yang belum menentukan calon.

Menurut Hasto, selama 10 tahun di bawah kepemimpinan kadernya, Tri Rismaharini, Kota Surabaya mengalami banyak kemajuan. Padahal, kepungan politis selalu terjadi. Sehingga, jika saat ini PDIP dikepung banyak pihak, Hasto menyatakan, hal itu biasa saja. 

“Sejak lima tahun lalu, kami sudah biasa menghadapi tekanan, kepungan di kota Surabaya. Bahkan sejarah, mengapa ada calon tunggal, tidak terlepas dari lima tahun lalu di Surabaya,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jakarta, Sabtu (22/8/2020) malam.

- Advertisement -

“Saat itu seluruh partai mencoba menggagalkan pencalonan kedua Bu Risma dan Mas Wisnu. Kemudian ada proses di MK yang mengizinkan calon tunggal untuk berhadapan dengan kotak kosong,” ujar Hasto melanjutkan.

Hasto mengatakan, justru karena biasa dikepung itulah maka pihaknya akan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk Pilkada Surabaya ini. 

“Karena itu, kami mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Selain itu, Hasto juga menyatakan bahwa pihaknya sedang melakukan finalisasi nama calon kepala daerah untuk Surabaya dan Provinsi Bali. Hasto mengungkapkan, partainya telah mengundang DPC PDIP Surabaya untuk penajaman calon yang diusung di Pilkada 2020. 

“Kota Surabaya barusan kami melakukan penajaman dengan mengundang dari Surabaya. Sebelumnya, kami sudah mengundang kader internal Surabaya untuk melakukan penajaman pemetaan politik di Surabaya,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat, menurut Hasto, pihaknya akan mengambil keputusan soal Surabaya, dan akan diumumkan bersamaan dengan Pilkada Bali. 

“Bali sudah finalisasi dan keputusan sudah diambil. Kota Surabaya dalam waktu dekat keputusan akan diambil. Pengumumannya nanti akan dilakukan bersama dengan Bali, dengan tema lingkungan kebudayaan untuk mempersiapkan komitmen calon kepala daerah,” ujarnya.

- Advertisement -

BERITA TERKAIT

TERPOPULER